Benarkah Penikmat Kopi Cenderung Panjang Umur?

DokterSehat.Com – Selain membuat kita terhindari dari rasa kantuk di pagi hari atau saat bekerja, pakar kesehatan menyebutkan jika kopi memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan, banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan jika para penikmat kopi adalah mereka yang cenderung memiliki umur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya. Sebenarnya, apakah kopi memang memiliki kemampuan untuk membuat panjang umur?

doktersehat-kopi-demensia

Pakar kesehatan dari Stanford University pun mencoba untuk mencari tahu jawaban dari pertanyaan ini. Sebuah penelitian pun dilakukan dan akhirnya menemukan fakta menarik dimana kandungan kafein dari kopi inilah yang bertanggung jawab pada panjang umurnya para penikmat kopi. Senyawa kafein yang juga bisa ditemukan pada teh dan beberapa minuman lainnya ini ternyata memiliki sifat anti peradangan atau anti inflamasi. Padahal sudah menjadi rahasia umum jika inflamasi atau peradangan ini memiliki kaitan erat dengan munculnya berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung hingga kanker.

Jika pembuluh darah kita terkena inflamasi, maka dikhawatirkan pembuluh darah akan mengeras sehingga akan lebih beresiko tinggi mengalami penyumbatan atau bahkan pecah. Disinilah awal mula munculnya serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian dini.

David Furman, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, menyebutkan jika 90 persen penyakit tidak menular yang terjadi karena penuaan disebabkan oleh inflamasi kronis pada tubuh. Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin, maka asupan kafein di dalam tubuh akan secara efektif menghambat perkembanyan Interleukin 1 Beta atau IL-1-Beta, semacam protein yang bisa menimbulkan peradangan sistemik dalam skala yang besar. Protein IL-1-Beta ini juga diyakini berperan besar dalam membuat kita lebih mudah terkena masalah tekanan darah tinggi yang tentu bisa berimbas buruk berupa munculnya penyakit-penyakit berbahaya.

Baca Juga:  Bagaimana Sih Cara Kopi Membangunkan Tubuh?

Dengan adanya kebaikan dari kopi ini, anda tentu akan semakin menikmati minuman ini setiap hari, bukan?