Benarkah Pengunaan Antidepresan Pada Ibu Hamil Bisa Menyebabkan Autisme Pada Anak?

DokterSehat.Com – Banyak ibu hamil yang khawatir jika nanti anak yang dilahirkan ternyata mengalami autisme. Jika seorang anak mengalami autisme, maka tentu pertumbuhan dan penanganannya harus dilakukan secara khusus dan cenderung sangat melelahkan. Ibu hamil sebenarnya bisa mencegah lahirnya anak autis dengan cara tidak memakai obat antidepresian selama masa kehamilan. Memang, penyebab autisme sendiri masih menjadi perdebatan di dunia medis, namun, pakar kesehatan meyakini jika salah satunya adalah dengan penggunaan obat antidepresan selama masa kehamilan.

doktersehat-obat

Pakar kesehatan Anick Berard dari University of Montreal, Kanada melakukan sebuah penelitian yang dilakukan bersama dengan Quebec Pregnancy Cohort. Penelitian ini sendiri melibatkan 145.456 anak yang berada dalam usia masih bayi hingga 10 tahun. Dari penelitian ini, ditemukanlah sebuah fakta dimana ibu hamil yang kerap mengkonsumsi obat antidepresan selama kehamilan usia trimester kedua dan juga trimester ketiga akan memiliki resiko cukup besar mendapati anaknya mengalami autisme pada usia tujuh tahun. Bahkan, secara spesifik penelitian ini menunjuk sebuah jenis obat antidepresan, yakni selective serotonin reuptake atau SSRI sebagai obat antidepresan yang meningkatkan resiko lahirnya anak autisme.

Memang, banyak pakar kesehatan lain yang meyakini jika autisme bisa muncul karena faktor genetik, faktor lingkungan, atau bahkan kondisi kesehatan fisik dan mental ibu selama masa kehamilan. Hanya saja, para peneliti mempelajari konsumsi obat-obatan antidepresan selama masa kehamilan dan diketahui jika pada masa kehamilan trimester kedua dan ketiga, bayi sedang mengalami perkembangan otak yang signifikan. Dengan mengkonsumsi obat antidepresan pada masa-masa emas perkembangan otak bayi ini, maka resiko mendapatkan bayi yang autis pun bisa meningkat hingga 87 persen. Hal ini disebabkan oleh kandungan obat antidepresan yang mampu membuat perkembangan otak mengalami hambatan.

Baca Juga:  Satu Dari Lima Pria Malas Mencuci Celana Dalamnya dan Memakainya Berkali-Kali

Melihat adanya fakta ini, ibu hamil pun harus menjadi lebih hati-hati dalam mengkonsumsi obat anti depresan. Selain itu, dukungan suami dan keluarga bagi ibu hamil untuk melalui masa kehamilan dipercaya akan membantu ibu hamil mendapatkan kesehatan fisik dan mental yang bisa membantu kelahiran bayi yang sehat secara fisik dan mental.