Benarkah Penggunaan Deodoran Bisa Memicu Kanker Payudara?

DokterSehat.Com – Deodoran adalah salah satu cara kita untuk menjaga kepercayaan diri saat beraktifitas atau bertemu dengan banyak orang. Dengan menggunakan deodoran, kita akan mencegah munculnya bau badan dengan lebih baik. Sayangnya, ada mitos yang berkembang luas di masyarakat dimana penggunaan deodoran bisa memicu kanker payudara. Apakah mitos ini memang benar adanya?

doktersehat-ketiak-deodoran

Pakar kesehatan dr. Valentina Fransisca Wibowo berkata bahwa mitos ini memang sesuai dengan fakta medis, namun, dengan catatan penggunaan deodoran juga sangat berlebihan. Jika kita menggunakan deodoran ini secara berlebihan, maka di area ketiak bisa terkena iritasi. Jika saat ketiak ini sudah mengalami iritasi kita tetap saja menggunakan deodoran, maka kita pun akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Hanya saja, dr. Valentina berkata bahwa kanker payudara sebenarnya lebih sering muncul gara-gara faktor hormonal dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Karena alasan inilah ada baiknya kita, baik pria ataupun wanita, menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang sekaligus menghindari makanan cepat saji yang memang mampu meningkatkan resiko kanker payudara. Sebagai informasi, kanker ini tak hanya menyerang kaum hawa, namun juga pria.

Pakar kesehatan sendiri sebenarnya sudah lama mempelajari hubungan antara paraben, zat pengawet yang difungsikan sebagai pembunuh kuman pada deodoran atau antiperspirant, dengan adanya resiko kanker payudara. Dari beberapa penelitian, diketahui bahwa paraben memiliki fungsi yang mirip dengan hormon estrogen yang ada pada wanita. Padahal, sebagaimana diketahui, ketidakseimbangan hormon estrogen ini bisa memicu kanker payudara.

American Cancer Society
berkata bahwa sebenarnya 99 persen manusia sudah terpapar oleh paraben setiap hari dari berbagai kosmetik atau bahkan makanan. Asalkan tidak melebihi kadar tertentu, paraben ini sebenarnya masih cukup aman pada manusia sehingga jika kita tidak menggunakan deodoran dengan berlebihan, maka sebenarnya kita tidak perlu mengkhawatirkan resiko terkena kanker payudara dengan berlebihan.

Baca Juga:  Kari Pedas Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara

Jika anda masih ragu akan hal ini, maka anda bisa memilih deodoran yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.