Benarkah Olahraga Tanpa Menggunakan Alas Kaki Itu Lebih Menyehatkan?

DokterSehat.Com – Sebagian orang, khususnya orang tua, memilih untuk berolahraga tanpa menggunakan alas kaki. Mereka beranggapan bahwa tanpa menggunakan alas kaki saat berolahraga layaknya berjalan atau berlari, maka kita bisa menstimulasi beberapa titik pada telapak kaki yang bisa memberikan efek pijatan sehingga tubuh pun akan menjadi jauh lebih sehat. Sebenarnya, apakah olahraga tanpa alas kaki memang jauh lebih sehat bagi tubuh?



Pakar kesehatan dan olahraga dr. Michael Triangto, SpKO berkata bahwa anggapan tersebut ternyata tidak benar adanya. Menurut beliau, ada baiknya kita tetap berolahraga dengan alas kaki. Bahkan, dr. Triangto menyebutkan bahwa menyarankan kita untuk menggunakan sepatu olahraga yang pas untuk melakukan olahraga, khususnya di luar ruangan.

Hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang membuktikan bahwa berolahraga tanpa menggunakan alas kaki bisa memberikan efek layaknya melakukan terapi kesehatan. Bukannya mendapatkan manfaat kesehatan, dr. Triangto justru menyebutkan bahwa kita akan meningkatkan resiko terkena cedera. Tanpa adanya alas kaki, maka kaki akan terkena hentakan atau tekanan yang lebih besar saat melakukan olahraga, alhasil, pembuluh darah pada area tersebut pun akan jauh lebih beresiko untuk rusak. Selain itu, telapak kaki juga lebih mudah kapalan jika melakukan hal ini. Padahal, adanya kapalan ini bisa membuat kaki menjadi terasa tidak nyaman sekaligus merusak penampilan kaki itu sendiri.

Saat melakukan olahraga di luar ruangan, tanpa kita sadari kita sering menginjak permukaan yang tajam atau tersandung oleh batu. Tanpa adanya alas kaki yang tepat, maka kita tentu akan lebih mudah terluka atau terkena cedera, bukan? Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tetap berolahraga sambil menggunakan alas kaki.