Benarkah Olahraga Bisa Menekan Nafsu Makan Berlebihan?

DokterSehat.Com – Banyak orang yang mengaku jika mereka mengalami kecenderungan mengkonsumsi makanan, khususnya camilan secara berlebihan sehingga membuat tubuh mereka memiliki berat yang kurang ideal. Dalam realitanya, kita memang akan cenderung lebih mudah meningkatkan nafsu makan saat merasa bosan atau saat sedang berpikir dengan keras di tempat kerja. Lantas, apakah tidak ada cara agar kita bisa menekan nafsu makan yang berlebihan ini?

doktersehat-olahraga-apel-diet

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada satu cara unik untuk menekan nafsu makan berlebihan ini, yakni dengan melakukan olahraga. Memang solusi ini cenderung aneh karena jika dilogika, berolahraga akan membuat kita menghabiskan banyak tenaga dan pada akhirnya membuat kita lapar. Namun, sebuah penelitian terbaru justru menyebutkan jika olahraga memang mampu menurunkan nafsu makan secara berlebihan karena bisa menekan hormon-hormon yang bisa memicu munculnya rasa lapar.

Penelitian ini sendiri setidaknya melibatkan 38 partisipan yang merupakan mahasiswa yang akan melalui masa ujian. Para mahasiswa ini dibagi menjadi dua kelompok dimana kelompok pertama yang melakukan ujian kemudian akan melakukan istirahat selama 15 menit dan kelompok lain yang melakukan ujian dan kemudian melakukan olahraga di atas treadmill selama 15 menit. Hasilnya adalah, mereka yang baru saja melakukan tes ujian namun kemudian tidak berolahraga akan cenderung mengkonsumsi makanan 100 kalori lebih banyak dari mereka yang melakukan olahraga setelah menjalani ujian. Para peneliti pun menyimpulkan jika otak yang bekerja keras akan memicu penurunan energi dengan signifikan yang membuat kita menjadi lebih lapar jika dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktifitas fisik yang intens dan menguras keringat. Namun, uniknya, jika kita melakukan olahraga, kita bisa menekan hormon ghrelin yang merupakan hormon pemicu rasa lapar sehingga kita pun akan tidak mudah tergoda untuk mengkonsumsi camilan.

Baca Juga:  Mengenal emosi anak dengan warna

Jadi, jika kita ingin menurunkan berat badan, mungkin kita bisa rutin melakukan olahraga yang bisa menekan rasa lapar yang berlebihan.