Benarkah Obat Sirup Kurang Efektif Mengatasi Batuk?

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang kerap muncul saat musim hujan seperti ini adalah batuk. Meskipun tergolong sebagai penyakit yang ringan, batuk termasuk dalam penyakit yang sangat menyebalkan dan bisa mengganggu aktifitas harian kita. Beruntung, kita bisa dengan mudah mendapatkan obat batuk di apotek atau bahkan toko-toko terdekat. Obat batuk sendiri biasanya bisa ditemukan dalam bentuk pil atau dalam bentuk sirup. Bagi sebagian orang, obat batuk berbentuk sirup bisa memberikan sensasi hangat pada tenggorokan, namun, bagi sebagian orang lain, obat batuk sirup ini kurang efektif dalam mengatasi batuk jika dibandingkan dengan obat batuk berjenis pil atau kapsul. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

American Chemistry Society Reactions berkata jika anggapan banyak orang bahwa obat sirup kurang efektif mengatasi batuk ternyata benar adanya. Menurut pakar kesehatan dari organisasi tersebut, masih belum ada bukti ilmiah yang mampu membuktikan keefektifan kinerja obat batuk sirup secara meyakinkan. Para pakar kesehatan sendiri membandingkan beberapa hasil penelitian yang menganalisis kinerja dari obat batuk. Hasilnya adalah, hanya ada sedikit bukti yang mendukung keefektifan kinerja obat sirup dalam mengatasi batuk dimana 15 dari 19 hasil studi ternyata menyebutkan jika obat sirup tidak begitu memberikan manfaat dalam meredakan batuk.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan mereka yang sedang sakit batuk untuk memperbanyak asupan air minum sehingga jumlah lendir dalam tenggorokan pun akan semakin menurun dan hal ini akan dengan efektif menurunkan intensitas batuk. Selain itu, gunakan humidifier atau alat penyerap kelembaban untuk meredakan batuk. Alih-alih menggunakan obat sirup, pakar kesehatan lebih menyarankan obat batuk tetes yang akan membuat produksi air liur meningkat sehingga tenggorokan pun akan jauh lebih tenang sehingga batuk pun menjadi lebih ringan.