Benarkah Nasi yang Terus Dihangatkan Bisa Menyebabkan Diabetes?

DokterSehat.Com– Belakangan ini beredar pesan berantai di aplikasi chat WhatsApp yang menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak menghangatkan nasi pada rice cooker secara terus menerus karena jika nasi ini dikonsumsi, akan bisa meningkatkan resiko terkena diabetes atau kanker. Apakah pesan ini benar adanya?

doktersehat-nasi-putih

Pakar kesehatan dan gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc menyebutkan bahwa nasi termasuk dalam makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah dengan sangat cepat. Dengan menghangatkan nasi terus-menerus dalam rice cooker maka nasi akan mengalami proses gelatinisasi atau peningkatan nilai indeks glikemik. Tak hanya itu, kadar serat di dalam nasi juga akan cenderung menurun.

Yang menjadi masalah adalah, semakin tinggi nilai indeks glikemik sebuah makanan yang kita konsumsi, semakin tinggi pula resiko terkena diabetes dalam jangka panjang. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi juga bisa menyebabkan obesitas, penyakit jantung, serta kanker.

Melihat adanya fakta ini, dr. Saptawati pun menyarankan kita untuk tidak terlalu lama memanaskan nasi pada rice cooker demi mencega kenaikan nilai indeks glikemik pada nasi yang kita konsumsi. Jika bisa, kita bisa memasak nasi untuk sekali konsumsi saja yang cenderung lebih aman bagi kesehatan.