Benarkah Nasi yang Didiamkan Semalaman Aman Bagi Penderita Diabetes?

DokterSehat.Com – Penderita diabetes memang tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Mereka harus mengurangi atau bahkan tidak lagi mengkonsumsi makanan tertentu agar tidak mengalami komplikasi yang tentu sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan tubuh mereka. Hanya saja, ada beberapa jenis makanan yang disebut-sebut aman untuk penderita diabetes, salah satunya adalah nasi yang telah didiamkan semalaman. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-nasi-putih

Cukup banyak orang yang yakin dengan anggapan bahwa nasi yang didiamkan semalaman sudah mengalami penurunan kadar gula sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes. Namun, dalam penelitian yang dilakukan di Malaysia dan Nigeria yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Malaysian Journal of Nutrition dan Nutrition and Food Science, disebutkan bahwa tidak ada proses penurunan kadar gula atau proses lainnya pada nasi yang didiamkan semalaman. Hal ini berarti, nasi ini sebenarnya masih sama saja seperti nasi biasa.

Penelitian lainnya yang ditemukan dalam Journal of Nutrition College, menyebutkan fakta bahwa nasi yang disimpan dalam suhu yang tinggi ternyata memiliki pati resisten yang cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan nasi yang baru saja dimasak. Hal ini bisa berimbas pada menurunnya nilai kadar glikemik, ukuran seberapa banyak atau seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Hanya saja, setelah dicek pada mereka yang berada dalam kondisi prediabetes, diketahui bahwa setelah makan nasi yang telah didiamkan semalaman, mereka ternyata tidak mengalami penurunan kadar gula darah postprandial jika dibandingkan dengan mengkonsumsi asupan nasi yang baru saja dimasak.

Alih-alih mempercayai anggapan bahwa nasi yang didiamkan semalaman baik bagi penderita diabetes, pakar kesehatan menyarankan konsumsi sumber karbohidrat lain yang memiliki kadar indeks glikemik lebih rendah seperti nasi merah.