Benarkah MSG Bisa Menyebabkan Kanker?

DokterSehat.Com– MSG dikenal luas sebagai salah satu bahan yang bisa membuat makanan terasa lebih sedap. Sayangnya, ada anggapan yang menyebutkan bahwa makanan yang mengandung MSG berpotensi menyebabkan kanker jika kerap dikonsumsi. Apakah anggapan ini benar adanya?



Pakar kesehatan Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SP.PD-KHOM yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia menyebutkan bahwa kandungan MSG ini tidak menyebabkan kanker. Adalah penelitian dari Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) yang mengungkapkan fakta ini. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa MSG masih belum terbukti memicu kanker, namun bukan berarti kita bisa dengan santai mengkonsumsinya karena jika kita melakukannya dengan berlebihan, maka berbagai jaringan tubuh seperti pankreas bisa mengalami kerusakan. Selain itu, MSG juga bisa membuat proses penuaan tubuh menjadi lebih cepat.

Alih-alih mengkhawatirkan MSG, ada baiknya kita mengenal faktor penyebab kanker dimana 5 hingga 10 persen penyebab kanker adalah faktor genetik atau keturunan dan sisanya adalah faktor lingkungan. Untuk faktor lingkungan sendiri, 30 hingga 35 persen hal yang meningkatkan resiko kanker adalah pola makan yang tidak sehat. Sementara itu, 25 hingga 30 persen lainnya karena kebiasan merokok, 15 hingga 20 persen karena infeksi, 10 hingga 20 persen karena masalah obesitas, dan 4 hingga 6 persen disebabkan oleh kebiasaan menenggak alkohol.

Melihat adanya fakta ini, dr. Aru pun menyarankan semua orang untuk selalu menjaga gaya hidup yang sehat seperti menjaga pola makan dengan kadar gizi seimbang, tidak merokok, tidak minum alkohol, menjaga berat badan tetap ideal, dan selalu berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena kanker.