Benarkah Mitos yang Menyebutkan Jika Usus Buntu Tidak Berguna Sama Sekali?

DokterSehat.Com – Setiap organ tubuh yang ada di dalam tubuh manusia memiliki fungsinya sendiri-sendiri untuk mendukung sistem-sistem yang berjalan pada tubuh. Namun, ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat yang menyebutkan jika ada beberapa organ tubuh yang tidak berguna bagi tubuh layaknya usus buntu. Sebenarnya, apakah memang usus buntu benar-benar tidak berguna sama sekali?

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Usus buntu sendiri banyak dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu area yang bisa mengalami peradangan yang akan membuat penderitanya merasakan nyeri luar biasa pada perut sebelah kanan. Adanya peradangan pada usus yang berada di antara usus kecil dan usus besar ini seringkali harus diobati dengan cara operasi. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika usus buntu ternyata memiliki fungsi penting yang banyak tidak disadari oleh banyak orang, yakni kemampuannya menjadi tempat dari berbagai bakteri sehat yang sangat penting bagi berbagai fungsi yang bekerja dalam tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kaum pria cenderung lebih beresiko terkena radang usus buntu jika dibandingkan dengan kaum hawa. Biasanya, gejala pertama yang akan dirasakan oleh penderita usus buntu adalah rasa sakit yang luar biasa pada area pusar atau perut sebelah kanan. Agar tidak terkena penyakit ini, ada baiknya kita selalu menjaga pola makan yang sehat dimana konsumsi makanan yang kaya serat sebaiknya tetap dilakukan setiap hari.

Radang usus buntu termasuk dalam penyakit yang harus mendapatkan penanganan medis sesegera mungkin, yakni dengan cara operasi. Hal ini dikarenakan andai usus buntu ini akhirnya mengalami infeksi, maka dikhawatirkan usus buntu akan pecah dan pada akhirnya melepas berbagai zat beracun yang akan membuat berbagai organ lainnya justru mengalami kerusakan. Beruntung, prosedur operasi usus buntu termasuk cukup singkat dan sederhana dimana operasi laproscopic kecil biasanya hanya perlu dilakukan selama 8 menit saja.