Benarkah Mitos yang Menyebutkan Jika Olahraga Lari Tidak Baik Untuk Lutut?

DokterSehat.Com – Salah satu olahraga yang paling populer bagi manusia adalah lari. Dengan berlari, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan pada tubuh dengan cara yang mudah sekaligus murah. Cukup dengan memakai sepatu olahraga, kita bisa berlari selama beberapa saat di berbagai tempat. Tak hanya mampu membuat tubuh kita berkeringat, berlari juga sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kadar stress. Sayangnya, ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat dimana olahraga lari dianggap tidak baik bagi kondisi lutut kita. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Matt Seeley, seorang pakar kesehatan di bidang sains dan olahraga dari Utah, Amerika Serikat, menyebutkan jika mitos yang menyebutkan jika berlari bisa membuat lutut nyeri atau mudah cedera ini tidak benar. Menurut beliau, lari jarak jauh pun seharusnya tidak berbahaya bagi lutut dan justru bisa bermanfaat dalam mengurangi peradangan pada persendian.

Seeley sendiri melakukan sebuah penelitian untuk membuktikan hal ini. Ia beserta timnya melakukan penelitian pada cairan sendi lutut milik pria dan wanita yang dinyatakan sehat dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun. Mereka ingin mencari tahu apakah ada tanda-tanda peradangan pada tubuh para partisipan sebelum dan setelah berlari. Hasilnya adalah, ternyata hanya sedikit perbedaan tanda-tanda peradangan diantara kedua waktu tersebut. Bahkan, para partisipan yang berusia muda dan tergolong sehat justru mengalami efek anti peradangan yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan persendian dalam jangka panjang andai rutin berlari atau melakukan olahraga lainnya.

Menurut Seeley, dengan rutin berlari, kita bisa mencegah masalah kesehatan persendian yang disebabkan oleh penuaan layaknya osteoarthritis atau yang lebih dikenal sebagai rematik dengan lebih baik. Hanya saja, ada baiknya kita memang harus memakai peralatan olahraga lari yang memadai layaknya sepatu olahraga yang baik agar tidak mudah mengalami cedera saat berlari.