Benarkah Mitos yang Menyebutkan Gigi Kuning Lebih Sehat dari Gigi Putih?

DokterSehat.Com– Meskipun banyak orang yang menginginkan gigi yang putih dan cerah demi mendapatkan senyum yang menawan, ada sebagian orang lainnya yang percaya bahwa gigi yang kuning adalah gigi yang lebih sehat karena memiliki warna alami. Sebenarnya, mana yang lebih sehat, gigi yang berwarna putih atau gigi yang berwarna kuning?

doktersehat-pasta-gigi-bahan-alami

Laman kesehatan Science Fokus menyebutkan bahwa gigi yang kuning ternyata jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan gigi putih. Enamel gigi secara alami memiliki warna putih kebiruan. Namun, dentin yang ada di bawahnya cenderung berwarna kekuningan. Mengingat enamel cenderung tembus pandang, maka warna kuning dari dentin akan terlihat dan membuat gigi memiliki warna abu-abu terang atau kuning terang.

Jika anda memiliki warna gigi yang kuning muda, maka gigi anda biasanya berada dalam kondisi yang sehat. Namun, jika warna kuning pada gigi cenderung lebih gelap, bisa jadi hal ini adalah tanda bahwa gigi mengalami penyakit atau kerusakan. Jika kita justru memakai produk pemutih gigi, dikhawatirkan enamel gigi akan semakin melemah.

Pakar kesehatan Adriana Manso dari Fakultas Kedokteran Gigi yang ada di The University of British Columbia menyarankan kita untuk tidak memakai produk pemutih gigi karena produk ini memiliki kandungan hydrogen peroksida. Kandungan ini bisa memecah senyawa pada gigi yang memicu perubahan warna yang sayangnya juga menurunkan kekuatan gigi, merusak enamel gigi, memicu iritasi gusi dan membuat gigi dan gusi menjadi lebih sensitif.

Meskipun gigi kita berwarna kekuningan, bukannya putih cemerlang, kita tidak perlu risau dan sebaiknya selalu memastikan untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya secara teratur.