Benarkah Mitos Udara Dingin Bisa Membuat Badan Kita Jatuh Sakit?

DokterSehat.Com – Kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua untuk menjaga kesehatan andai suhu udara cukup dingin layaknya pada musim hujan seperti belakangan ini. Entah mengapa, kita memang cenderung menganggap suhu dingin bisa menyebabkan kita mudah tertular penyakit. Sebenarnya, apakah benar jika suhu dingin memang kurang baik bagi kesehatan kita?

doktersehat-flu-fever-throat-ternggorokan-pilek-sakit

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika anggapan jika suhu dingin akan membuat kita mudah jatuh sakit hanyalah mitos saja. Memang, kita akan merasakan gejala layaknya selesma atau pilek andai kita kedinginan, namun, sebenarnya suhu dingin tidak akan membuat tubuh kita mudah terinfeksi kuman penyakit. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang telah dirilis oleh jurnal The New England Journal of Medicine. Penelitian ini meminta para relawan untuk mandi dengan air es atau tinggal di ruangan yang sangat dingin sehingga mereka pun merasakan kedinginan. Dalam kondisi kedinginan tersebut, para relawan juga dipapar rhinovirus atau virus yang menyebabkan flu. Setelah dicek kondisi tubuhnya, para relawan ini ternyata tidak mudah sakit meskipun cukup banyak menghirup kuman penyebab selesma tersebut. Yang menarik adalah, penelitian ini justru menghasilkan fakta jika udara dingin justru akan membantu pemulihan flu dengan sangat baik.

Penelitian ini juga menyebutkan jika rhinovirus dan coronavirus, dua kuman penyebab selesma memang cukup mudah berkembang biak pada udara dingin dan sangat mudah menyebar andai suhu dingin ini juga disertai dengan kelembaban yang rendah. Lantas, apa yang menyebabkan anggapan suhu dingin bisa dengan mudah membuat kita sakit? Pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan saat cuaca dingin, manusia cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan berkumpul. Dengan banyaknya waktu untuk berinteraksi, ada kemungkinan penularan virus dan kuman penyebab penyakit pun semakin mudah terjadi.

Baca Juga:  Waspada, Penyakit Ini Banyak Diderita Oleh Para Jemaah Haji