Benarkah Mitos Pil Kontrasepsi Membuat Gemuk Wanita?

DokterSehat.Com – Tidak seperti pada jaman dahulu dimana banyak pasangan rumah tangga yang memiliki anak dalam jumlah yang sangat banyak, kini, banyak pasangan yang hanya memiliki anak satu atau dua saja. Alasan ekonomi kerap menjadi dasar kenapa kini banyak orang membatasi jumlah anaknya. Untuk mewujudkannya, orang tua, khususnya kaum hawa pun memakai alat kontrasepsi yang bisa menjaga mereka untuk tidak bisa hamil dalam beberapa waktu tertentu. Tercatat, ada beberapa alat kontrasepsi modern layaknya sterilisasi, kondom, alat kontrasepsi yang ditempatkan dalam rahim, hingga pil. Untuk pil ini, banyak kaum hawa yang kurang meminatinya karena ada mitos bahwa pil ini bisa membuat wanita menjadi gemuk. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-drugs-obat-kotrasepsi-arginine-obat-palsu

Pakar kesehatan yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Keluarga bernama dr. Boy Abidin, SpOG (K) menuturkan jika mitos ini ternyata sama sekali tidak sesuai dengan dunia medis. Menurut beliau, tidak benar bahwa pil kontrasepsi bisa memicu wanita menjadi lebih gemuk. Memang, kontrasepsi ini bisa berpengaruh pada hormon wanita, namun, tidak ada kaitannya sama sekali dengan membuat wanita menjadi lebih gemuk.

Alih-alih menyalahkan pil kontrasepsi sebagai penyebab kegemukan, dr. Boy justru menunjukkan beberapa hasil penelitian yang memang menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi pil kontrasepsi akan berujung pada memiliki berat badan yang semakin bertambah. Menurut beliau, justru wanita kerap kali mengalami peningkatan berat badan dengan signifikan akibat gaya hidupnya, khususnya dalam hal pola makan, yang kurang sehat. Secara umum sendiri, seiring dengan bertambahnya usia wanita, kecenderungan berat badannya meningkat pun semakin besar.

Dengan adanya penjelasan ini, ibu-ibu yang ingin memakai alat kontrasepsi hormonal berupa pil pun tidak perlu khawatir lagi akan adanya mitos pil ini bisa memicu kegemukan. Dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, niscaya berat badan akan tetap bisa dipertahankan dengan ideal.