Benarkah Mitos Penderita Diabetes Dilarang Makan Nanas?

DokterSehat.Com – Penderita diabetes di Indonesia termasuk cukup banyak. Hal ini dikarenakan kini semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup yang buruk dan pola makan yang tidak sehat. Karena banyaknya penderita diabetes, mitos mengenai penyakit ini juga cukup banyak berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi buah nanas karena bisa memicu masalah kesehatan. Banyak orang yang percaya jika nanas akan mempu menaikkan kadar gula darah atau indeks glikemik dengan cepat. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-diabetes-makan-nanas

Pakar kesehatan dari Middle Tennesse State University (MTSU) bernama Debra Sullivan, PhD, menyebutkan jika buah nanas segar adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sangat menyehatkan tubuh jika rutin dikonsumsi. Lantas, bagaimana jika buah ini dikonsumsi oleh penderita diabetes? Sullivan justru berkata jika asalkan dikonsumsi dengan benar dan seimbang dengan berbagai bahan makanan lain, maka konsumsi nanas akan baik-baik saja.

Sullivan mengingatkan kita agar mengkonsumsi buah nanas saja yang akan jauh lebih segar dan lebih sehat jika dibandingkan dengan buah nanas kalengan atau yang sudah dijadikan jus. Selain itu, pastikan bahwa kita mengimbanginya dengan asupan vitamin, mineral dan karbohidrat lainnya dengan seimbang. Hindarilah makanan yang kaya akan lemak, makanan olahan, dan juga permen.

Alih-alih terlalu mengkhawatirkan konsumsi buah nanas apakah akan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes atau tidak, Sullivan justru menekankan pentingnya memperhatikan asupan karbohidrat harian yang sebaiknya berkisar 45 hingga 60 gram karbohidrat untuk setiap kali makannya. Selain itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan kaya gula layaknya roti putih, kue pretzel, oatmeal instant, dan juga biskuit asin yang tentu akan sangat buruk bagi penderita diabetes.