Benarkah Mitos Olahraga Renang Bisa Menambah Berat Badan?

DokterSehat.Com – Salah satu cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan rutin melakukan olahraga. Memang, kita juga harus menata ulang pola makan kita agar lebih sehat untuk menurunkan berat badan, namun, tanpa adanya olahraga, tentu berat badan akan sulit untuk turun, bukan? Salah satu olahraga yang banyak disukai oleh banyak orang karena kemampuannya menurunkan berat badan adalah berenang. Namun, ada sebuah mitos yang menyebutkan jika saat kita mulai berenang, maka berat badan kita justru akan naik terlebih dahulu sebelum benar-benar akhirnya berangsur-angsur turun. Apakah berenang memang mampu menaikkan berat badan?

doktersehat-renang-olahraga

Berdasarkan data dari American College of Sports Medicine, andai kita rutin berenang setidaknya 150 menit setiap minggu, maka kita akan mampu menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Sayangnya, mitos yang menyebutkan jika kita akan mengalami kenaikan berat badan terlebih dahulu saat mulai rutin berenang memang benar adanya. Banyaknya tenaga yang akan kita butuhkan saat menggerakkan lengan dan badan di air ternyata membuat otot kita mengalami kenaikan massa yang cukup signifikan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat berat badan kita cenderung naik. Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebutkan jika hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Seiring dengan waktu, rutin berenang akan membuat bentuk tubuh kita menjadi lebih baik. Hanya saja, ada baiknya kita juga harus memperhatikan banyak hal andai kita ingin menurunkan berat badan melalui olahraga air ini. Dalam realitanya, banyak orang yang cenderung mengkonsumsi makanan yang tidak sehat setelah berenang dan hal ini bisa berdampak buruk bagi program penurunan berat badan.

Andai kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau bahkan yang kaya akan lemak, maka tentu berenang akan menjadi hal yang sia-sia dan bisa jadi berat badan kita akan naik dengan signifikan. Karena alasan inilah ada baiknya juga harus menjaga pola makan sehat dan tidak asal mengkonsumsi camilan andai ingin berat badan segera turun.