Benarkah Mitos Mandi Malam Bisa Menyebabkan Rematik?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang baru bisa membersihkan badannya di waktu malam hari setelah melakukan berbagai macam kesibukan. Sayangnya, kebiasaan mandi di malam hari ini dipercaya mampu menyebabkan masalah rematik. Sebenarnya, apakah mitos ini memang benar adanya?

doktersehat-mandi-air-dingin

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mandi malam dengan rematik ternyata sama sekali tidak memiliki kaitan apapun. Sebagai informasi, rematik adalah masalah kesehatan autoimun yang bisa memicu peradangan, rasa nyeri, kekakuan, hingga terbatasnya gerakan pada persendian, tulang, otot, serta ligamen. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa penyebab rematik dan juga encok yang paling sering terjadi adalah tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Padahal, asam urat sama sekali tidak terkait dengan kebiasaan mandi kita.

Asam urat sebenarnya dihasilkan secara alami oleh tubuh kita. Sayangnya, pola makan yang tidak sehat, khususnya dalam hal mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan purin seperti daging merah, jeroan, makanan laut, hingga minuman beralkohol ternyata bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh yang akhirnya bisa memicu datangnya rematik.

Meskipun tidak akan menyebabkan rematik, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mandi air dingin di malam hari ternyata juga sangat tidak direkomendasikan bagi tubuh. Hal ini disebut-sebut bisa membuat kita terkena pilek. Karena alasan inilah ada baiknya kita mandi dengan air hangat saja di malam hari. Tak hanya bisa membersihkan badan, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih nyaman dengan cara melemaskan otot yang sebelumnya tegang karena berbagai kesibukan.