Benarkah Mitos Makan Sekali Sehari Bisa Membuat Tubuh Menjadi Lebih Langsing?

DokterSehat.Com – Setiap orang tentu ingin mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Selain bisa membuat tampilan fisik kita menjadi lebih baik, tubuh yang langsing dengan berat badan yang ideal juga akan membuat kita menurunkan berbagai macam penyakit. Karena alasan inilah banyak orang yang rela melakukan diet ketat agar bisa segera menurunkan berat badan. Beberapa mitos tentang diet bahkan mereka percayai layaknya dengan hanya makan sekali dalam sehari saja. Apakah mitos ini memang cukup efektif untuk membuat tubuh kita cepat langsing?

doktersehat-makan-perlahan-pencernaan-penyedap-rasa-tidak-sehat

Banyak orang yang memakai logika sederhana dimana jika kita menurunkan asupan makanan, maka kita pun akan lebih cepat menurunkan berat badan. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika ada resiko besar bagi kita yang hanya makan besar sekali dalam sehari saja, yakni bisa menekan kalori yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, ada efek samping lain yang cukup berbahaya layaknya lemas, gangguan emosi, hingga sakit kepala.

Pakar gizi Serena Marie, RD, menyebutkan jika andai kita hanya makan sekali dalam sehari, kita sebenarnya akan memberikan beberapa efek samping buruk bagi kesehatan tubuh. Yang ironis adalah, cara ini justru akan tidak efektif bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Menurut beliau, andai kita mempertahankan cara ini, yang terjadi adalah kita membiarkan perut kita kosong dan lapar dalam waktu yang terlalu lama. Alhasil, saat kita makan, kita akan cenderung memiliki keinginan berlebihan untuk makan apa saja dengan porsi yang banyak dan tak lagi memperhatikan nutrisi yang seimbang.

Dengan hanya makan sekali dalam sehari, kita akan kekurangan asupan kalori, serat, hingga berbagai nutrisi yang sebenarnya sangat diperlukan dalam kesehatan tubuh. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan, bukan? Alih-alih menerapkan diet makan sekali sehari, sebenarnya akan lebih baik bagi kita untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga jika ingin segera menurunkan berat badan.