Benarkah Mitos Langsung Mandi Setelah Hujan-Hujanan Secara Medis?

DokterSehat.Com – Saat kita masih kecil dan mengalami musim hujan seperti yang berlangsung seperti sekarang ini, kita sering kali dilarang oleh orang tua untuk bermain hujan-hujanan karena ditakutkan bisa membuat tubuh kita jatuh sakit. Andaipun kita akhirnya hujan-hujanan karena tidak ada pilihan lain, maka kita pun harus segera mandi agar tidak mudah terkena demam atau pusing-pusing. Apakah mitos yang hampir selalu berlaku bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ini benar secara medis? Berikut adalah penjelasannya.

doktersehat-anak-kecil-hujan

Seorang pakar kesehatan dari Jakarta Timur yang bernama dr Ahmad Fuady, MSc, menuturkan jika mitos yang dipercaya sebagian besar orang tua ini ternyata benar secara medis. Andai kita terkena air hujan atau hujan-hujanan, kita memang harus segera mandi begitu sampai di rumah untuk mencegah terjadinya sakit. Dengan mandi, kita akan membersihkan air hujan dari tubuh yang kini cenderung lebih terkontaminasi oleh banyaknya polusi sehingga bisa membuat tubuh pun terbebas dari kontaminasi polusi tersebut.

Tahukah anda, polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor atau asap industri ternyata bisa mempengaruhi tingkat kebersihan awan dan juga air hujan yang jatuh di tempat kita tinggal. Air hujan ini penuh dengan polusi dan berbagai racun yang jika kita biarkan melekat pada tubuh kita, maka kita pun beresiko terkena sakit. Andai kita hujan-hujanan di pagi hari dan sampai di tempat kerja yang dilengkapi dengan AC dan kita memilih untuk tidak mandi, maka kita pun beresiko mendapatkan sakit layaknya pilek, demam hingga diare. Kombinasi antara air hujan yang penuh dengan polutan dan kondisi dingin karena AC ternyata bisa memperlemah sistem kekebalan tubuh dan berbagai penyakit tersebut pun akan bisa menyerang tubuh.

Baca Juga:  Obat Herbal Untuk Selulitis Orbita

Meskipun terlihat merepotkan, mandi setelah hujan-hujanan akan bisa memperkecil resiko tubuh kita terkena berbagai penyakit tersebut. Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan pola makan yang jauh lebih baik dengan bahan makanan yang jauh lebih bergizi sehingga kita pun bisa menjaga kesehatan tubuh lebih maksimal selama musim hujan ini.