Benarkah Mitos Kerap Onani Menyebabkan Lutut Kopong?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang diamana pria yang kerap melakukan onani atau sudah tidak lagi perjaka akan memiliki lutut yang cenderung kopong sehingga saat dipukul akan berbunyi nyaring dan mudah terasa nyeri. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-nyeri-lutut-arthritis-asam-urat

Pakar kesehatan dr. Dyah Novita Anggraini sebagaimana dilansir dari Klikdokter menyebutkan bahwa terlalu sering melakukan onani ternyata tidak akan menyebabkan masalah lutut kopong atau osteoarthritis. Menurut dr. Dyah, produksi cairan sendi pada lutut ternyata sama sekali tidak berkaitan dengan banyaknya produksi cairan sperma sehingga kebiasaan onani tentu tidak bisa dikaitkan dengan kondisi persendian lutut.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi lutut kopong atau osteoarthritis? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang mengalami masalah kesehatan ini sebaiknya memperbanyak waktu istirahat dan memperbaiki posisi tubuh saat beraktifitas. Selain itu, ada baiknya mereka juga memperbaiki pola makannya agar menjadi lebih sehat.

Jika hal ini tidak membantu, ada baiknya penderita osteoarthritis memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter untuk mendapatkan obat rematik, obat anti inflamasi, suntik pada lutut, hingga operasi. Khusus untuk penyuntikan dengan kortikosteroid, hal ini akan menurunkan nyeri pada persendian lutut untuk sementara. Sayangnya, suntikan ini tidak baik dilakukan berulang kali karena bisa merusak kesehatan tulang.

Untuk mencegah masalah lutut kopong ini, ada baiknya kita menjaga asupan makanan yang bergizi seimbang, khususnya dengan memperbanyak asupan sayuran dan buah. Kita juga sebaiknya tidak lagi terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan kaya kolesterol.