Benarkah Mitos Kehamilan Bisa Memicu Masalah Kerontokan?

DokterSehat.Com – Wanita yang hamil tentu akan mengalami berbagai perubahan dalam bentuk tubuhnya, khususnya dalam bentuk tubuh yang semakin membesar seturut dengan perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, tahukah anda jika ada mitos yang menyebutkan jika saat ibu sedang hamil, maka Ia akan mengalami perubahan pada kepala berupa adanya masalah kerontokan pada rambutnya. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Pakar kesehatan menyebutkan jika meskipun tidak semua wanita hamil mengalaminya, mitos bahwa kehamilan bisa menyebabkan masalah kerontokan ternyata memang bisa terjadi. Hal ini tentu akan membuat ibu hamil merasa cemas mengingat rambut adalah mahkota yang mempengaruhi penampilan wanita. Pakar kesehatan dr. Tamim Hamid menyebutkan jika bagi kaum hawa yang sedang hamil, hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan namun juga sebaiknya segera ditangani agar rambut tetap dalam kondisi yang sehat dan tidak lagi rontok.

Menurut dr. Hamid, kerontokan pada saat hamil terjadi karena selama proses kehamilan, sebagian besar nutrisi yang didapatkan oleh tubuh ibu hamil akan diserap bagi perkembangan janin. Selain nutrisi tersebut, suplai darah juga banyak mengarah ke kandungan sehingga bagian rambut pun tidak selalu mendapatkan nutrisi dengan cukup. Alhasil, Banyak wanita yang akhirnya mengalami penurunan kualitas kesehatan rambut dan pada akhirnya mengalami masalah rambut rontok.

Banyak wanita hamil yang mengakali masalah rambut rontok ini dengan cara memotong rambutnya menjadi jauh lebih pendek. Logikanya, dengan rambut lebih pendek, nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut tidak akan terlalu banyak sehingga kerontokan akan bisa lebih diminimalkan. Namun, dr. Hamid juga menyarankan para ibu hamil untuk mengkonsumsi vitamin prenatal secara rutin agar ibu hamil semakin baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mendapatkan banyak nutrisi yang lebih mendukung kesehatannya, termasuk kesehatan rambut yang bisa mencegah masalah kerontokan ini.