Benarkah Mitos Kebiasaan Mengangkat Benda Berat Bisa Menyebabkan Hernia?

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat dimana jika kita terbiasa mengangkat benda-benda yang berat, maka kita memiliki risiko besar terkena hernia. Sebagai informasi, hernia adalah kondisi dimana organ dalam tubuh, tepatnya organ perut menekan jaringan otot atau jaringan di sekitarnya, yang biasanya adalah di atas organ vital. Sebenarnya, apakah mitos ini benar adanya?

Pakar kesehatan dr. Max Pamberton dari National Health Service menyebutkan bahwa mitos ini ternyata sama sekali tidak benar. Mitos ini hanya dibuat agar bisa dijadikan alasan agar kita tidak mengangkat benda-benda yang terlalu berat. Hanya saja, sebenarnya mitos ini juga berawal dari fakta bahwa orang-orang yang baru saja menyadari mengalami kondisi hernia saat mereka meregangkan badan atau saat mengangkat benda yang berat. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya tekanan pada bagian dalam perut dan membuat organ dalam mendesak ke jaringan yang lebih lemah.

Hanya saja, dr. Max yakin jika mengangkat benda yang berat atau meregangkan badan tidak bisa menyebabkan hernia. Penyakit ini sendiri dipicu oleh beberapa faktor seperti usia, batuk kronis, cedera yang disebabkan oleh kecelakaan, efek samping operasi, atau efek bawaan lahir dimana otot abdomen (perut) tidak benar-benar menyatu dengan sempurna.

Kebanyakan kasus hernia bisa ditangani oleh dokter dan tidak berbahaya meskipun memang dalam beberapa kasus ada usus yang terlilit atau dalam dunia medis disebut sebagai strangulated hernia. Jka sampai hal ini terjadi, maka hernia termasuk dalam kondisi yang cukup serius dan sangat menyakitkan.

Melihat adanya fakta ini, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika merasakan gejala hernia atau sensasi sakit pada perut agar bisa mendapatkan solusi medis yang tepat.