Benarkah Mitos Jajan Sembarangan Membuat Tubuh Kebal Dari Penyakit?

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap mendengar orang tua yang menyebutkan bahwa anak yang terbiasa jajan sembarangan justru akan membuatnya kebal dari berbagai macam penyakit sehingga sebaiknya dibiarkan saja. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mitos ini tidak benar adanya. Bukannya menjadi semakin kebal, bisa jadi kita malah akan mengalami gangguan pencernaan akibat dari konsumsi jajanan yang tidak bersih. Tanpa kita sadari, banyak penjual jajanan atau minuman yang ada di pinggir jalan yang tidak mampu menjaga kebersihan atau kehigienisannya. Sebagai contoh, jajanan ini kerap dihinggapi lalat, terpapar debu dan polusi, hingga penggunaan es batu yang dibuat dari air mentah. Berbagai hal ini bisa membuat kita terinfeksi berbagai macam bakteri penyebab penyakit layaknya e.Coli, salmonella, listeria, campylobacter, dan lain sebagainya.

Memang, sel darah putih akan segera melakukan perlawanan begitu mengetahui ada patogen berbahaya masuk ke dalam tubuh. Namun, bisa jadi saat terpapar bakteri ini sistem kekebalan tubuh kita tidak dalam kondisi yang benar-benar kuat sehingga akhirnya akan mengalami gejala layaknya mual, muntah, atau bahkan diare. Dalam beberapa kasus, kita bahkan bisa terkena masalah kesehatan yang cukup serius seperti tipus.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak asal dan sembarangan mengkonsumsi makanan atau minuman, khususnya yang dijajakan di pinggir jalan atau yang terlihat tidak higienis. Pastikan untuk memilih jajanan yang sudah dipastikan kebersihannya atau dikemas dengan baik sehingga tidak mudah terkena paparan debu, polusi, lalat, dan berbagai hal lainnya yang bisa membuat makanan tersebut terpapar bakteri penyebab penyakit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik