Benarkah Mitos Cacar Air Hanya Akan Menyerang Sekali Saja Seumur Hidup?

DokterSehat.Com– Ada sebuah mitos kesehatan yang dipercaya oleh masyarakat dimana kita pasti akan terkena penyakit cacar air. Selain itu, penyakit ini juga hanya akan menyerang kita sekali saja seumur hidup sehingga jika kita sudah mengalaminya saat anak-anak, maka di waktu lainnya kita tidak akan mengalaminya lagi. Sebenarnya, apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-cacarair-cacar-air-varicella-campak-Henoch-Schonlein-Purpura-HSP

Pakar kesehatan dr. Deffy Leksani Anggar Sari menyebutkan bahwa meskipun terlihat tidak benar, mitos ini sebenarnya cukup masuk akal dari sisi medis. Menurut dr. Deffy, cacar air disebabkan oleh virus yang kerap menyerang anak-anak dengan usia kurang dari 15 tahun. Setelah terkena cacar air, maka virus ini pun akan menetap pada tubuh. Namun, jika di masa depan virus ini kembali aktif dan akan memicu masalah kesehatan ini, daya tahan tubuh sudah siap untuk mengantisipasinya dengan lebih baik sehingga cacar air pun tidak akan kembali muncul.

Meskipun memang cenderung hanya akan menyerang sekali saja, dalam beberapa kasus ada juga orang yang akan terkena cacar air beberapa kali dalam hidupnya. Biasanya, hal ini terjadi karena virus menyerang saat kondisi sistem kekebalan tubuh sedang menurun dengan signifikan karena berbagai kondisi tertentu.

Kasus cacar air paling banyak menyerang anak-anak, termasuk balita atau bayi. Karena alasan inilah ada baiknya semua orang tua memberikan imunisasi pada buah hatinya sejak bayi demi mendukung sistem imunitas tubuh sehingga tidak akan mudah terkena penyakit, termasuk cacar air.

Kalau anda sendiri, sudah pernah terkena cacar air belum?