Benarkah Mitos Berenang dan Bermain Basket Akan Membuat Anak Lebih Tinggi?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang berkembang di Indonesia dimana orang tua akan menyuruh anaknya untuk rajin bermain basket atau bahkan berenang agar tubuhnya menjadi lebih cepat tinggi. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-main-basket-tambah-tinggi

Pakar kesehatan yang merupakan dokter spesialis anak, Aman Pulungan, menyebutkan jika mitos ini ternyata tidak sepenuhnya benar secara medis. Menurut beliau, olahraga memang akan sangat berguna bagi tubuh karena mampu membuatnya lebih sehat. Tak hanya itu, anak-anak yang rutin berolahraga juga akan membuat produksi hormone pertumbuhan menjadi lebih banyak. Namun, bukan berarti hanya olahraga tertentu layaknya basket atau berenang saja yang bisa membuat tubuh lebih tinggi. Semua jenis olahraga asalkan dilakukan secara rutin akan membuat produksi hormon pertumbuhan akan menjadi lebih baik.

Menurut Pulungan, mitos bahwa berenang atau basket bisa membuat tubuh anak lebih tinggi terjadi karena olahraga ini banyak membuat anak melakukan peregangan baik itu saat melompat atau saat berenang. Namun, menurut beliau, asalkan olahraga dilakukan secara rutin, apapun jenisnya, maka Ia akan bisa lebih cepat tinggi sekaligus tidak mudah mengalami kegemukan.

Untuk memastikan pertumbuhan anak semakin baik, tak hanya olahraga yang rutin dilakukan, anak juga harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup bahkan semenjak masih di dalam kandungan. Tak hanya itu, anak juga harus mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya. Karena alasan inilah ada baiknya orang tua memberikan makanan sehari-hari dengan kadar gizi yang seimbang dan mendukung pertumbuhan anak. Selain itu, pastikan agar anak tidak terlalu banyak memainkan gadget atau bahkan menonton televisi hingga malam hari yang bisa mengganggu waktu tidur mereka.