Benarkah Mitos Banyak Minum Air Dingin Menyebabkan Bayi yang Dilahirkan Berukuran Besar?

DokterSehat.Com – Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat hingga sekarang, yakni ibu hamil sebaiknya tidak meminum air dingin atau apapun yang diberi es dengan alasan bisa membuat bayi di dalam kandungan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga akan memberikan kesulitan tersendiri dalam proses persalinan. Padahal, kadangkala ibu hamil merasakan gerah atau kepanasan sehingga sangat ingin meminum air dingin namun mengurungkan niatnya karena takut akan hal ini. Apakah mitos tentang air dingin menyebabkan bayi menjadi lebih besar ini benar adanya?

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Pakar kesehatan dr. Boy Abidin, SpOG menyebutkan jika hal ini tidak benar adanya sama sekali secara medis. Menurut beliau, ibu hamil yang mengkonsumsi air dingin tidak akan memberikan pengaruh sama sekali dengan perkembangan bayi di dalam kandungan sehingga tidak akan berkaitan dengan ukuran bayi yang besar. Menurut beliau, andai kita meminum air dingin, maka kita sebenarnya hanya meminum nol kalori sehingga tentu tidak akan membuat bayi berukuran besar.

Lantas, bagaimana mitos tentang air dingin ini bisa memicu bayi berukuran besar? Dr. Boy menyebutkan jika hal ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi air dingin namun harus yang terasa manis agar memberikan sensasi segar, khususnya di siang hari nan terik dan menyengat. Sebagai contoh, kita bisa saja membeli jus di pinggir jalan yang tentu memiliki kandungan gula atau beberapa minuman manis layaknya sirup atau minuman bersoda. Minuman-minuman inilah yang kaya akan kalori dan bisa ikut mempengaruhi pertumbuhan bayi sehingga berukuran besar.

Dr. Boy menyebutkan jika normalnya, bayi akan terlahir dengan bobot sekitar 2,5 kg sampai 3,5 kg. Hanya saja, ada kemungkinan bayi terlahir dengan ukuran dan bobot yang jauh lebih besar. Namun, ukuran bayi yang besar ini juga belum tentu berkaitan dengan konsumsi minuman air dingin yang dilakukan oleh ibu hamil.