Benarkah Mitos Bahwa Arang Bisa Membuat Gigi Kita Putih Dengan Cepat?

DokterSehat.Com – Semua orang tentu ingin mendapatkan tampilan yang paling menawan. Tak hanya memberikan rasa kepercayaan diri, tampilan yang menawan bisa membuat kita berinteraksi dengan lebih baik dengan orang lain. Untuk mendapatkannya, kita bisa memberikan senyuman terbaik dengan gigi yang putih dan bersih. Untuk mendapatkannya, kita bisa rutin memakai sikat gigi dengan pasta gigi terbaik. Namun, kita juga bisa memakai cara alternatif yakni dengan memakai arang putih. Bagaimanakah cara arang bisa membuat gigi menjadi lebih putih?

doktersehat-dokter-gigi

Pakar kesehatan menyebutkan jika arang hitam yang aktif, atau arang yang memiliki karbon aktif adalah arang yang memiliki daya serap tinggi pada berbagai bahan terlarut dan juga uap. Arang sendiri kerap digunakan sebagai obat penawar racun. Uniknya, arang aktif ini memang diyakini bisa membuat gigi menjadi lebih putih. Meskipun beberapa organisasi kesehatan resmi layaknya American Dental Association (ADA) masih belum mengkonfirmasi khasiat dari arang hitam ini, mitos bahwa arang bisa membuat gigi lebih putih sepertinya memang benar adanya dan telah dibuktikan oleh banyak orang.

Dr. Mark Wolff, DDS, dari Department of Cariology and Comprehensive Care, New York University College of Dentistry menyebutkan jika meskipun memang telah dibuktikan oleh banyak orang, sebenarnya penggunaan arang gigi ini masih belum benar-benar aman dan baik untuk gigi kita. Bukan karena arang ini kurang berkhasiat, namun para dokter gigi masih belum benar-benar percaya bahwa semua arang yang beredar di pasaran adalah arang yang aktif dan tidak memberikan resiko abrasi pada gigi.

Wolff menyarankan kita untuk mempertimbangkan konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu untuk mendapatkan saran terbaik agar gigi kita menjadi lebih sehat dan lebih aman tanpa memberikan resiko pada gigi kita.