Benarkah Mitos Anak Kembar Cenderung Berusia Lebih Panjang?

DokterSehat.Com – Memiliki anak kembar tentu akan menjadi hal yang unik dan menarik. Bagaimana tidak, kita bisa memiliki dua atau lebih anak dengan rupa yang cenderung mirip sehingga terlihat lebih menggemaskan. Memang, dengan memiliki anak kembar, kita akan lebih kesulitan untuk merawatnya mengingat ada dua anak yang harus kita besarkan secara bersamaan. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika memiliki anak kembar ternyata bisa memberikan berkah tersendiri. Bagaimana tidak, ada kecenderungan anak kembar ternyata memiliki usia yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan yang bukan anak kembar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kembar-panjang-umur

Pakar kesehatan yang berasal dari University of Washington melakukan sebuah penelitian pada data kelahiran yang berasal dari Twin Registry dari Negara Denmark. Hampir tiga ribu data anak kembar dengan jenis kelamin yang sama berhasil direkam dari tahun 1870 hingga tahun 1900. Tak hanya itu, penelitian ini juga mengecek data kematian dari populasi negeri Skandinavia ini secara keseluruhan. Hasilnya adalah, ada kecenderungan anak kembar akan enam persen berusia lebih panjang jika dibandingkan dengan anak yang bukan kembar.

Peneliti menduga jika anak kembar cenderung memiliki kedekatan hubungan satu sama lain. Ada ikatan emosional yang kuat diantara keduanya sehingga anak kembar akan cenderung saling berbagai satu sama lain. Hal ini ternyata berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Anak kembar akan lebih mampu memberikan dukungan satu sama lain saat salah satu dari keduanya mengalami masalah, baik itu hanya dengan mendengarkan cerita atau bahkan dengan cara langsung terjun membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Bahkan, ada data yang menunjukkan jika anak kembar akan cenderung lebih baik dalam merawat saudaranya yang sakit.

Baca Juga:  Ingin Terhindar Dari Kanker Prostat? Konsumsi Makanan Berikut

Dengan kondisi emosional yang jauh lebih baik, tentu saja hal ini akan berimbas pada kondisi kesehatan fisik yang lebih baik. Alhasil, anak kembar pun akan memiliki usia yang lebih panjang karena tidak mudah jatuh sakit.