Benarkah Minuman Bebas Gula Baik Untuk Kesehatan Gigi?

DokterSehat.Com – Salah satu pemicu masalah kesehatan gigi yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat adalah makanan atau minuman bergula. Bagaimana tidak, makanan dengan kandungan gula yang tinggi memang memiliki rasa yang sangat nikmat dan bisa membuat ketagihan, namun, makanan ini juga akan cenderung mudah lengket pada permukaan dan sela-sela gigi dan cenderung sulit untuk dibersihkan sehingga gigi pun memilliki resiko besar terkena masalah kesehatan. Kini, banyak orang yang mulai mengadopsi minuman bebas gula sebagai salah satu cara efektif untuk melakukan program diet. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah minuman bebas gula juga memberikan efek positif bagi kesehatan gigi kita?

doktersehat-sakit-gigi-pipi-wanita

Karena sebutannya sebagai minuman bebas gula, banyak orang yang berpikir jika minuman ini tidak memiliki kandungan gula atau setidaknya memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman manis yang normal. Namun, menurut pakar kesehatan, perbedaan kandungan gula pada kedua jenis minuman ini ternyata tidak terlalu signifikan. Hal ini berarti, minuman bebas gula ternyata masih bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Menurut pakar kesehatan, minuman bebas gula ternyata masih memiliki kandungan asam atau semacam bahan kimia yang berpotensi mengikis lapisan enamel gigi, hal yang sayangnya juga berlaku pada makanan atau minuman yang banyak mengandung gula. Bahkan, menurut pakar kesehatan, mereka yang rutin meminum minuman bersoda yang memang kaya gula, minuman berenergi, dan minuman sugar free, ternyata sama-sama memiliki resiko menurunkan kekuatan enamel gigi hingga 50 persen dari awalnya. Hal ini tentu akan berimbas buruk bagi kesehatan gigi, bukan?

Jangan terkecoh dengan label bebas gula pada minuman atau makanan tertentu. Menjaga kesehatan gigi memang seharusnya diawali dengan rutin membersihkan gigi secara teratur setiap hari dan melakukan pola makan yang cenderung sehat.