Benarkah Minum Susu Sebelum Tidur Bisa Bikin Badan Gemuk?

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah mitos yang berkembang di masyarakat dimana jika kita meminum susu sebelum tidur bisa membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Mitos ini biasanya disebabkan oleh banyaknya saran untuk tidak mengkonsumsi makanan yang membuat saluran pencernaan tetap bekerja saat kondisi badan seharusnya rileks saat tidur. Mitos ini ternyata kurang tepat adanya, meminum susu sebelum tidur ternyata bisa memberikan banyak faedah bagi tubuh. Disamping rasa nyaman karena perut menjadi kenyang dan istirahat menjadi lebih maksimal, masih banyak lagi kebaikan yang didapatkan jika kita meminum susu sebelum tidur.



Susu mengandung nutrisi asam amino dimana salah satunya adalah asam amino tritopan yang bisa membuat tubuh lebih mengantuk dan mudah tidur. Tritopan ternyata bisa membuat otak memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang memberikan tubuh rasa rileks sehingga kita bisa tidur dengan nyaman. Semakin tua seseorang, maka semakin menruun pula produksi dari hormon melatonin ini. Dengan rajin mengkonsumsi susu sebelum tidur, kita secara tidak langsung membuat produksi hormon pembawa rasa rileks ini tetap lancar sehingga tidur kita pun menjadi lebih maksimal.

Meminum susu sebelum tidur lebih banyak disarankan pada balita atau bayi karena bisa membantu perkembangan tubuh dan otak bayi dengan baik. Hanya saja, kita tentu harus memperhatikan sang buah hati jika kita ingin memberikannya susu karena seringkali anak pada akhirnya tertidur selama meminum susu tersebut. Jangan biarkan anak meminum susu dalam posisi tidur. Usahakan posisi kepala agak lebih tinggi dari posisi dada sehingga susu tidak akan berbalik dan mudah untuk memasuki saluran pencernaan. Jika diperlukan, botol susu sebaiknya dipegangi jika sedang dikonsumsi bayi. Jika botol susu ini tidak disangga, dikhawatirkan bayi bisa tersedak yang tentu saja akan sangat menyakitkan bagi sang buah hati. Hanya saja, jika bayi memang masih dalam masa menyusui, jangan berikan susu formula sebagai susu yang dikonsumsi oleh bayi karena susu ASI tentu susu yang paling baik untuk kesehatan sang bayi.