Benarkah Minum Susu Ibu Hamil Bisa Membuat Gemuk?

DokterSehat.Com– Tahukah anda jika banyak orang yang berusaha untuk lebih gemuk? Dalam realitanya, banyak orang yang memiliki tubuh kurus yang ternyata ingin mendapatkan berat badan yang ideal. Tak hanya menambah asupan makanan atau camilan bergizi, mereka juga melakukan sebuah cara yang unik, yakni mengkonsumsi susu bagi ibu hamil meskipun mereka sedang tidak dalam kondisi hamil.

doktersehat-susu

Banyak orang yang mengaku susu ibu hamil ini sangat efektif dalam menaikkan berat badannya dalam waktu yang cukup singkat. Sebagai contoh, salah seorang karyawan bank swasta nasional bernama Nadia yang mengaku bisa menaikkan berat badannya sebanyak 7 kg hanya dalam waktu 1 bulan saja sehingga kini berat badannya menjadi lebih ideal. Sebenarnya, bagaimana cara susu ibu hamil bisa menaikkan berat badan dengan cepat?

Pakar kesehatan gizi dr. Grace Judio-Kahl menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi susu ibu hamil, maka kita bisa mendapatkan tambahan asupan kalori dengan signifikan. Sebagai contoh, jika kita biasanya mendapatkan asupan sekitar 1.600 hingga 1.800 kalori dalam sehari, maka kita akan menambahkan 1.000 kalori tambahan untuk menambah bobot sebanyak 1 kg. Beruntung, dengan mengkonsumsi susu ibu hamil, maka kita mendapatkan tambahan asupan kalori yang sangat banyak sehingga bisa menaikkan berat badan dengan cepat.

Apakah kenaikan berat badan yang terjadi akibat dari kebiasaan minum susu ibu hamil ini bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan? dr. Grace menyebutkan bahwa tidak ada efek samping yang berarti bagi tubuh meskipun beliau juga tidak merekomendasikan konsumsi susu ibu hamil ini jika ingin menaikkan berat badan karena susu ini sebenarnya ditujukan untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan.