Benarkah Minum Susu Bisa Menyebabkan Jerawat?

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan jika jerawat bisa muncul karena berbagai sebab. Sebagai contoh, kita tidak mampu merawat kebersihan wajah dengan baik, kerap menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, atau karena mengkonsumsi makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Salah satu makanan atau minuman yang disebut-sebut bisa menyebabkan jerawat adalah susu. Cukup banyak orang yang memilih untuk tidak meminumnya karena khawatir jika minuman sehat ini memicu jerawat. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan Joshua Zeichner, MD, yang berasal dari Mount Sinai Hospital, menyebutkan bahwa jerawat terjadi karena adanya peradangan pada kulit. Peradangan ini dipicu oleh adanya minyak yang menyumbat pori-pori kulit dan adanya bakteri pada bagian folikel. Kombinasi dari kedua hal inilah yang akhirnya menyebabkan jerawat.

Lantas, apakah benar jika susu juga bisa memicu jerawat? Zeichner ternyata berkata jika susu sapi ternyata juga bisa menjadi penyebab dari peradangan pada kulit tersebut. Kandungan di dalam susu ternyata bisa bereaksi dengan hormon testosteron pada tubuh sehingga akan menyebabkan peningkatan produksi sebum pada kulit. Padahal, jika produksi sebum atau minyak alami ini meningkat, hal ini bisa menyebabkan sumbatan pada pori-pori dan akhirnya memicu jerawat.

Tak hanya susu, beberapa produk olahan susu lainnya, terkecuali yoghurt, sepertinya juga bisa menyebabkan jerawat bagi sebagian orang. Kandungan probiotik yang ada pada yoghurt justru bisa memberikan efek positif bagi kesehatan kulit, khususnya dalam mengendalikan jerawat. Diduga, probiotik ini mampu meredakan peradangan pada kulit sehingga bisa mencegah datangnya masalah kesehatan kulit tersebut.

Jika anda termasuk dalam orang yang mengalami jerawat setelah mengkonsumsi susu, ada baiknya anda membatasi asupan minuman ini untuk menghindari datangnya jerawat. Jika anda tidak mengalami masalah kulit ini meskipun kerap mengkonsumsinya, anda bisa tetap rutin minum susu namun tetap harus menjaga kebersihan kulit, khususnya kulit wajah demi mencegah munculnya jerawat ini.