Benarkah Minum Air Dingin Berbahaya Bagi Wanita yang Sedang Menstruasi?

DokterSehat.Com – Saat sedang mengalami fase menstruasi, banyak wanita yang memilih untuk menghindari berbagai macam hal agar tubuhnya terasa lebih nyaman. Sebagai informasi, fase haid memang mampu memicu perubahan hormon yang bisa mempengaruhi fisik maupun psikis seorang wanita. Salah satu hal yang dihindari oleh wanita yang sedang menstruasi adalah konsumsi minuman dingin atau air es karena diyakini bisa membuat pembekuan darah atau menimbulkan kista. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Pakar kesehatan dr. Martina Claudia Tobing, SpOG ternyata menyebutkan jika himbauan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk tidak meminum air dingin ternyata hanyalah mitos yang tidak tepat. Menurut beliau, tidak ada kaitan langsung antara konsumsi air dingin saat menstruasi dengan munculnya kista. Hanya saja, konsumsi air dingin memang bisa mempengaruhi suhu tubuh kita secara keseluruhan.

Dalam beberapa kasus, konsumsi air dingin saat menstruasi memang bisa membuat rasa nyeri pada tubuh menjadi semakin parah. Meskipun begitu, tidak semua wanita akan mengalami reaksi yang sama. Beberapa bahkan menginginkan minuman dingin karena ingin membuat tubuh menjadi terasa lebih segar.

Meskipun memang tidak dilarang untuk mengkonsumsi air dingin saat menstruasi tiba, pakar kesehatan lebih menyarankan kaum hawa untuk mengkonsumsi air hangat saja. Dengan mengkonsumsi air hangat, maka tubuh pun akan menjadi lebih nyaman sehingga kondisi badan secara keseluruhan akan lebih baik. Tak hanya memperbanyak air putih hangat, pakar kesehatan juga menyarankan wanita yang sedang menstruasi untuk melakukan olahraga ringan atau latihan pernafasan layaknya yoga dan menggunakan pakaian yang cenderung lebih nyaman dan longgar. Dengan melakukan hal-hal ini, fase menstruasi pun bisa dilalui dengan nyaman tanpa ada masalah yang berarti.