Benarkah Minum 8 Gelas Per Hari dapat Menyehatkan Tubuh?

DokterSehat.com – Menurut salah satu dokter di Skotlandia, Dr. Margaret McCartney menyatakan, bahwa sampai saat ini memang belum ada bukti ilmiah dalam pernyataan tersebut bahwa dengan minum 8 gelas per hari dapat menyehatkan tubuh. Namun, beberapa organisasi lainnya mendukung pernyataan McCartney bahwa dengan mengkonsumsi 1,5 sampai 2 liter air putih per hari dapat membuat tubuh sehat dan prima. Selain itu, juga dapat mengurangi dehidrasi dalam tubuh serta mencegah penyakit yang dapat menyerang kapan saja.



      Tetapi hingga saat ini belum ada klaim untuk konfirmasi mengenai hal tersebut. Dalam studi lain menyatakan bahwa, minum terlalu banyak air justru bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kadar natrium darah yang rendah (suatu kondisi yang disebut hiponatremia).

      McCartney menambahkan, kebanyakan orang masih berpikir bahwa dengan minum air 8 gelas per hari dapat mencegah penyakit ginjal. Dan hal tersebut tidak pernah terbukti dalam literatur medis. Rekomendasi pertama untuk minum enam sampai delapan gelas air per hari telah ditelusuri kembali dalam sebuah makalah penelitian di Amerika Serikat pada tahun 1945, namun hal tersebut belum mendapat kepastian tentang kebenarannya.

      Banyak orang mengatakan, dengan minum air yang banyak dapat mengurangi infeksi saluran kemih, mencerahkan warna kulit, membantu penurunan berat badan (bila isi dengan air pertama), mengurangi sakit kepala dan kelelahan, menghilangkan sembelit, serta dapat meningkatkan konsentrasi. Namun, hingga saat ini belum ada bukti kuat untuk pernyataan tersebut.

      Dr. Heinz Valtin dari Dartmouth Medical School mengatakan pada sebuah buletin The Huffington Post, bahwa tidak ada penelitian yang mengungkapkan bahwa ada aturan mengenai minum air delapan gelas per hari. Dan hal ini belum ada bukti yang mendukung hal tersebut.

Baca Juga:  Hati-hati, Gelang Loom Band Mengandung Zat Penyebab Kanker

Sumber : melindahospital.com