Benarkah Mimisan Adalah Gejala Awal Dari Kanker?

DokterSehat.Com – Kadangkala saat kita melihat adegan di acara televisi, diceritakan bahwa mereka yang terkena penyakit kanker biasanya memiliki gejala berupa munculnya mimisan. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah mimisan memang selalu menjadi gejala awal dari penyakit kanker?

doktersehat-tht-hidung-mimisan-bleeding-nosebleed

Pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika ada cukup banyak gejala awal dari penyakit kanker dan salah satu dari gejala tersebut adalah mimisan, khususnya mimisan yang terjadi cukup sering dan ditandai dengan keluarnya darah dalam jumlah yang banyak. Menurut pakar kesehatan, kanker yang menimbulkan gejala ini seringkali adalah kanker nasofaring. Biasanya, mereka yang menderita kanker nasofaring dalam stadium akhir, akan kerap mengeluarkan ingus dan juga darah.

Kanker nasofaring sendiri termasuk dalam penyakit yang cenderung sulit untuk dideteksi mengingat penyakit ini tidak begitu menimbulkan gejala yang khas. Pada stadium awal, kanker ini biasanya hanya akan menimbulkan gejala berupa bersin-bersin dan banyaknya produksi ingus. Karena kerap diabaikan, kanker ini bisa menjadi semakin parah dan bahkan bisa meningkatkan resiko kematian bagi penderitanya. Sebagai informasi, kanker nasofaring atau kanker hidung ini ternyata adalah kanker pembunuh nomor empat di Indonesia setelah kanker rahim, kanker kulit, dan kanker payudara.

Selain kanker nasofaring, mimisan juga bisa menjadi tanda beberapa masalah kesehatan lainnya yang tidak bisa disepelekan. Masalah kesehatan tersebut adalah tekanan darah tinggi, adanya penggumpalan darah pada area hidung atau otak, hingga pertanda dari stroke. Karena adanya fakta inilah mimisan sebaiknya diwaspadai. Jika kita mengalami mimisan yang cukup parah, segera periksakan kondisi ini ke dokter agar bisa mengatahui apakah kita terkena penyakit berbahaya atau tidak. Kita juga harus mewaspadai munculnya mimisan jika memang ada riwayat keluarga yang memiliki beberapa penyakit berbahaya layaknya kanker.