Benarkah Menstruasi Bisa Membuat Wanita Mengeluarkan Bau Badan Berlebihan?

DokterSehat.Com – Siklus menstruasi adalah hal yang normal terjadi bagi kaum hawa. Tak hanya itu, fase menstruasi juga ditunggu-tunggu datangnya karena menandakan bahwa kondisi tubuh wanita sedang baik-baik saja meskipun kadangkala menstruasi memberikan perubahan pada tubuh. Kaum hawa bisa saja merasakan nyeri yang luar biasa pada perutnya selama fase menstruasi ini. Tak hanya itu, sebagian wanita juga mengalami perubahan pada bau badan dimana baunya akan cenderung lebih menyengat.

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan di Charles University di Praha, Republik Ceska. Penelitian ini melibatkan partisipan kaum pria yang ditanyai pendapatnya tentang apa yang sangat mengganggu dari pasangannya selama fase menstruasi. Jawaban yang cukup mengejutkan justru muncul dimana mereka mengaku jika bau badan wanita yang sedang dalam fase menstruasi cukup berbeda dari biasanya. Lantas, apakah ada cara agar wanita bisa mengatasi bau badan berlebihan selama fase menstruasi?

Pakar kecantikan menyarankan kaum wanita untuk lebih baik dalam menjaga kebersihannya selama fase menstruasi tiba. Jangan ragu untuk segera mengganti pakaian jika sudah berkeringat atau mengeluarkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk mandi dua kali sehari agar badan tetap dalam kondisi segar dan nyaman. Selain itu, ada baiknya kita juga memperhatikan parfum apa yang kita pakai selama fase menstruasi. Ada baiknya kita tidak memakai aroma yang cenderung segar layaknya dari buah-buahan yang bisa membuat masalah bau badan yang lebih parah. Gunakan wewangian yang lebih nyaman dan netral saja.

Saat fase menstruasi tiba, ada baiknya hindari makanan yang beraroma sedikit tajam layaknya bawang merah, bawang putih, bawang Bombay, durian, dan lain sebagianya yang bisa memicu masalah bau badan. Selain itu, jika kita bisa mengkonsumsi jamu, kita bisa meminum jamu yang memang berkhasiat untuk mengatasi masalah bau badan selama fase menstruasi tiba.