Benarkah Menjaga Kesehatan Ginjal Adalah dengan Meminum Air Dalam Jumlah yang Banyak Setiap Hari?

DokterSehat.Com – Salah satu rahasia menjaga kesehatan yang banyak didengungkan oleh berbagai pakar kesehatan di banyak tempat adalah dengan mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup setiap hari, yakni sekitar 1,5 hingga 2 liter. Dengan air yang cukup, tubuh kita diyakini akan terbebas dari masalah dehidrasi dan berbagai sistem pun akan berjalan dengan lancar di dalam tubuh. Selain itu, organ ginjal juga akan menjadi semakin lancar dalam melakukan fungsinya dalam membuang berbagai racun keluar dari tubuh. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kita harus banyak minum air demi menjaga kesehatan ginjal kita?

doktersehat-pria-exercise-olahraga-minum-air

Pakar kesehatan dr. Tunggul D. Situmoran, SpPD menyebutkan jika dalam setiap harinya, kita akan mengeluarkan air seni atau urin sebanyak 1 hingga 1,5 liter. Jika dikonversikan dalam ukuran gelas, urin ini bisa mencapai tujuh gelas. Mengingat kita tinggal di negara dengan iklim tropis nan lembab, maka kita pun disarankan mengkonsumsi air putih dengan jumlah 8 gelas setiap harinya. Namun, menurut dr. Tunggul, sebenarnya sebenarnya banyaknya asupan air minum yang kita konsumsi sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya aktivitas tubuh. Contohlah, jika kita banyak beraktivitas, maka ada baiknya kita lebih banyak minum air putih.

Tak perlu khawatir tubuh kita akan kekurangan cairan, asalkan kita memahami kebutuhan tubuh kita. Dr. Tunggul menyebutkan jika tubuh secara alami memberikan sinyal haus jika kekurangan asupan cairan sehingga kita pun sebaiknya segera meminum air putih. Hal ini berarti, jika kita mengkonsumsi banyak air minum setiap harinya dengan tujuan menjaga kesehatan ginjal, sepertinya hal ini kurang tepat. Jumlah air yang terlalu banyak justru bisa membebani ginjal untuk melakukan fungsi utamanya, membuang racun dari tubuh.

Baca Juga:  Makanan yang Membebani Kandung Kemih

Jadi, alih-alih terlalu banyak minum, kesehatan ginjal kita justru akan bisa terjaga jika kita meminum air dengan jumlah yang cukup. Dr. Tunggul menyebutkan delapan gelas sehari sudah sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal kita.