Benarkah Menggunduli Bayi Bisa Membuat Rambutnya Tumbuh Lebat?

DokterSehat.Com – Di Indonesia, sangatlah wajar untuk segera menggunduli bayi setelah beberapa hari dilahirkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan membuat rambut anak tumbuh lebih lebat. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

Pakar kesehatan anak dr. Margaretha Komalasari, SpA, dari RS Pusat Pertamina berkata bahwa mitos menggunduli bayi bisa membuat rambutnya nanti tumbuh lebih lebat ternyata hanyalah mitos belaka. Alih-alih berharap rambut bayi bisa tumbuh lebih tebal nantinya, menggunduli rambut bayi setelah lahir sebenarnya lebih baik dilakukan untuk membersihkan kepalanya atau membuat rambut bayi lebih mudah untuk dirawat. Menurut beliau, secara alami rambut bayi akan rontok dan apakah nanti rambutnya akan tumbuh tebal atau tipis sangatlah bergantung pada faktor genetik sekaligus faktor lingkungan.

Biasanya, saat usia anak mencapai tiga tahun, kita sudah bisa tahu apakah rambutnya cenderung tebal atau tipis. Pada saat inilah kita bisa membantu pertumbuhan rambut anak agar menjadi lebih tebal dengan cara memberikan perawatan rambut yang baik sekaligus memberikan mereka asupan makanan bergizi yang bisa membuat rambut semakin tebal dan sehat. Sebagai contoh, kita bisa memberikan anak buah alpukat yang dikenal kaya akan lemak tak jenuh. Kandungan ini ternyata sangat baik bagi pertumbuhan anak secara keseluruhan, termasuk pertumbuhan rambut. Salah satu tanda anak tumbuh dengan sehat maksimal sendiri adalah rambut yang sehat, memiliki warna hitam berkilau, dan tidak mudah rontok.

Orang tua sebaiknya memastikan anak untuk selalu mendapatkan asupan karbohidrat, protein, vitamin C, dan selenium yang bisa membantu rambut anak terjaga kesehatannya. Tak hanya itu, makanan layaknya susu, telur, kacang-kacangan, dan juga seafood juga akan sangat baik bagi pertumbuhan rambutnya.

Tak hanya memberikan makanan yang bergizi, dr. Margaretha menyarankan orang tua untuk rutin mengeramasi rambut bayi agar tetap bersih, sehat, dan tidak berbau. Selain itu, sarung bantal bayi juga sebaiknya rutin dicuci demi menjaga kesehatan rambut sang buah hati.