Benarkah Mengantongi Batu Bisa Menahan Keinginan BAB?

DokterSehat.Com– Salah satu tanda tubuh dalam kondisi yang sehat adalah buang air besar bisa dilakukan dengan lancar dan teratur. Hanya saja, kadangkala kita akan merasakan sensasi ingin buang air besar di waktu yang kurang tepat seperti saat sedang dalam meeting yang penting atau saat sedang mengerjakan tugas yang mendesak. Hal ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman.

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Untuk menahan keinginan buang air besar tersebut, banyak orang yang memilih untuk melakukan hal yang unik, yakni mengantongi batu. Meskipun terlihat tidak masuk akal, mengantongi batu disebut-sebut sangat efektif untuk menahan keinginan buang air besar tersebut.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengantongi batu sebenarnya tidak serta merta mampu menahan keinginan buang air besar. Hanya saja, hal ini memang bisa memberikan sugesti yang kuat pada pikiran agar kita bisa menahannya setidaknya hingga keperluan kita berakhir. Mengingat hal ini dipercaya oleh banyak orang secara turun-temurun, maka sugesti pada pikiran tentu sangatlah kuat dan membuatnya terkesan sangat manjur menahan keinginan buang air besar.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sering-sering menahan buang air besar karena bisa meningkatkan resiko terkena kanker kolon. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pembengkakan pada otot usus yang terus berkontraksi demi menahan keinginan buang air besar. Hal ini bisa memicu peradangan, infeksi, hingga pertumbuhan sel kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita segera buang air besar begitu mulai merasakan keinginan untuk melakukannya demi kesehatan tubuh.