Benarkah Memakan Es Krim Bisa Membuat Anak Pilek dan Batuk?

DokterSehat.Com – Banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mengkonsumsi es krim. Alasan utama dari larangan ini adalah es krim yang manis dan dingin bisa memicu penyakit batuk dan pilek. Sebenarnya, apakah anggapan bahwa es krim bisa membuat anak jatuh sakit ini memang benar adanya?

doktersehat-eskrim

Pakar kesehatan anak yang berasal dari RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, bernama dr. Meta Hanindita, SpA, berkata jika sebenarnya es krim tidak serta merta menyebabkan anak sakit pilek ataupun batuk. Hanya saja, bukan berarti kita bisa sembarangan memberikan es krim pada anak, ada baiknya kita memperhatikan banyak hal sebelum anak mengkonsumsi makanan yang memang sangat nikmat ini.

Dr. Meta menyebutkan jika kita harus ingat bahwa es krim adalah salah satu makanan yang cukup dingin. Jadi meskipun tidak menyebabkan batuk dan pilek, bisa jadi dinginnya es krim akan memicu munculnya kedua penyakit ini, apalagi jika kondisi kesehatan anak memang sedang kurang baik. Saat kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh anak menurun dan Ia mengkonsumsi es krim, maka dikhawatirkan Ia akan lebih mudah terkena virus yang memicu flu. Padahal, virus yang menyebabkan flu, baik itu virus influenza dan rhinovirus ternyata memiliki banyak sekali variasi dan bisa ditemukan di berbagai tempat sehingga harus diwaspadai.

Dr. Meta berkata jika sebenarnya es krim juga memberikan kebaikan jika dikonsumsi oleh anak-anak. Sebagai contoh, saat anak sedang sariawan, maka makanan dingin ini bisa membantu menurunkan rasa nyeri pada mulut sehingga anak tidak akan merasa terlalu sakit saat makan. Biasanya, saat sariawan menyerang, anak akan cenderung mengalami penurunan nafsu makan yang drastis yang tentu akan kurang baik bagi kesehatan dan pertumbuhannya.

Baca Juga:  Mencabut Bulu Hidung, Bisa Memicu Radang Otak

Jadi, ada baiknya kita lihat dulu kondisi kesehatan anak sebelum memberikannya es krim yang nikmat dan segar. Andai anak memang dalam kondisi yang sehat, tentu tidak akan masalah jika Ia memakan es krim.