Benarkah Memakai Pembalut Bisa Menyebabkan Mandul?

DokterSehat.Com – Belakangan ini media sosial dihebohkan oleh sebuah tayangan keagamaan di salah satu stasiun swasta yang mempertontonkan ceramah ustadz yang menyebutkan bahwa penggunaan pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan mandul atau sulit untuk memiliki keturunan. Akibat adanya pernyataan ini, di media sosial banyak wanita yang bertanya tentang bagaimana cara mereka menampung darah kotor yang terus keluar saat menstruasi jika memang pembalut ini bisa menyebabkan masalah kesuburan. Sebenarnya, apakah pernyataan ini benar adanya?

doktersehat-menstruasi-darah-datang-bulan-pantyliner-softex-pembalut-berenang

Pakar kesehatan dr. Laila Nuranna yang merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berasal dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa pernyataan bahwa menggunakan pembalut bisa menyebabkan masalah kesuburan tidak benar adanya. Menurut beliau, asalkan penggunaan pembalutnya benar, pembalut yang digunakan juga bersih, maka hal ini tidak akan menyebabkan sulit untuk punya anak.

Beliau sendiri memberikan tips bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, yakni dengan cara selalu rutin mengganti pembalut jika sudah terasa tidak nyaman atau penuh. Saat darah menstruasi keluar dalam jumlah yang sangat banyak, kita bisa mengganti pembalut ini setiap 3 hingga 4 jam sekali. Jika darah sedang tidak terlalu banyak, maka kita bisa menggantinya setiap 5 jam.

Jika kita menggunakan pembalut dalam waktu yang terlalu lama, maka area kewanitaan dan pembalut akan mengalami pertumbuhan bakteri yang sangat banyak. Ditambah dengan minimnya sirkulasi udara, maka dikhawatirkan bakteri-bakteri ini bisa memasuki organ vital wanita, menyebabkan infeksi, dan akhirnya bisa memicu gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita. Hal inilah yang bisa memicu masalah kesuburan.

Bisa jadi, pernyataan ustadz tentang penggunaan pembalut bisa menyebabkan gangguan kesuburan didasari oleh fakta terakhir tentang penggunaan pembalut yang tidak benar. Namun, asalkan wanita menggunakan pembalut dengan tepat dan kerap menggantinya. Sepertinya mereka tidak perlu khawatir dengan kesuburannya.