Benarkah Memakai Bra Berkawat Bisa Meningkatkan Resiko Kanker?

DokterSehat.Com – Ada sebuah rumor yang berkembang di masyarakat yang menyebutkan bahwa penggunaan bra berkawat pada kaum hawa bisa memicu datangnya penyakit kanker. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-wanita-bra-bh-seksi

Tak hanya mampu menjadi penopang payudara, bra juga mampu membuat postur tubuh kaum hawa menjadi lebih proporsional. Salah satu bra yang cukup banyak diminati oleh kaum hawa adalah bra berkawat. Sebagai informasi, bra berkawat berbeda dengan jenis bra tanpa kawat yang cenderung nyaman untuk dipakai saat tidur atau melakukan olahraga. Bra berkawat sendiri sebenarnya diciptakan bagi wanita dengan payudara dengan ukuran yang cenderung besar. Adanya kawat pada bra ini akan membuatnya mampu menopang payudara yang berukuran lebih besar dan berat.

Hanya saja, kini kita juga bisa menemukan bra berkawat yang diperuntukkan bagi wanita dengan payudara dengan ukuran yang kecil. Dengan menggunakan bra berkawat ini, maka payudara wanita akan bisa tertopang dengan baik sehingga membuat kaum hawa lebih nyaman.

Sayangnya, dibalik berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh bra berkawat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan bra jenis ini bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada tulang dada, apalagi jika bra juga cenderung terlalu ketat. Jika hal ini terjadi, maka pernafasan wanita akan terganggu dan rasa nyeri juga bisa muncul pada tulang belakang. Tak hanya itu, penggunaan bra berkawat yang terlalu ketat juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar payudara.

Untuk rumor yang menyebutkan bahwa bra berkawat mampu menyebabkan kanker payudara, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa rumor ini benar adanya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa jenis bra yang dipakai, durasi memakai bra, atau memakai bra saat tidur atau tidak belum bisa menjadi faktor penyebab kanker payudara. Hanya saja, melihat adanya dampak buruk yang didapatkan jika memakai bra berkawat yang tidak tepat, maka ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih bra jenis ini.