Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Membuat Anak Menjadi Lebih Sehat dan Kuat?

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar orang tua yang berkata bahwa anak sebaiknya dimandikan dengan air dingin saja agar tubuh mereka menjadi lebih kuat dan kebal meskipun usianya masih sangat muda. Sebenarnya, apakah anggapan mandi air dingin bisa membuat anak kuat ini benar adanya?

doktersehat-bayi-mandi

Di Indonesia, mandi dengan air dingin memang lebih disukai karena dianggap bisa memberikan efek segar setelah melakukan banyak aktifitas di cuaca yang panas dan berkeringat. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mandi air dingin bisa meningkatkan jumlah antibodi dalam tubuh. Hal inilah yang disebut-sebut menjadi awal mula anggapan bahwa mandi air dingin bisa membuat tubuh anak lebih kuat.

Hanya saja, ada baiknya kita tidak sembarangan memandikan anak, apalagi yang masih bayi dengan air dingin karena kulitnya sebenarnya masih belum mampu beradaptasi dengan perubahan suhu. Lapisan lemak yang ada pada kulit bayi masih belum mampu menahan panas tubuh tetap stabil sehingga jika dipaksakan untuk mandi dengan air dingin, dikhawatirkan Ia akan mengalami hipotermia atau suhu tubuh yang lebih rendah dari bawah normal. Hanya saja, saat usianya sudah mencapai 6 bulan, tubuh bayi sebenarnya sudah mampu mandi dengan suhu air biasa asalkan kondisi tubuhnya sehat, memiliki berat badan ideal, dan tidak terlahir dengan kondisi prematur.

Saat memandikan anak, khususnya yang masih berusia balita, orang tua disarankan untuk memulainya dengan membasahi kaki terlebih dahulu sebelum membasahi seluruh anggota badan agar tubuhnya bisa beradaptasi dengan suhu air yang dingin.

Jadi, sudah tahu kan air seperti apa yang cocok dipakai untuk anak mandi?