Benarkah Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Jerawat?

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia dikenal luas sebagai orang yang suka dengan makanan pedas. Banyak dari kita yang tentu merasa hambar atau kurang mantap andai tidak ada sambal atau sensasi pedas pada makanan yang kita konsumsi. Namun, cukup banyak pula orang yang memilih untuk menghindari makanan pedas. Disamping karena takut jika hal ini akan memicu masalah pencernaan, mereka juga yakin jika konsumsi makanan pedas bisa menyebabkan jerawat. Apakah memang makanan pedas bisa menyebabkan masalah pada kulit ini?

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Pakar kesehatan di bidang kulit bernama dr. Edwin Tanihaha, SpKK, menyebutkan bahwa mitos bahwa mengkonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan jerawat ternyata tidak selalu benar, namun bisa saja terjadi pada sebagian orang. Sebagai contoh, andai kita mengkonsumsi makanan pedas dan memiliki banyak kandungan lemak, maka hal ini bisa menyebabkan jerawat pada sebagian orang.

Mengapa hal ini bisa berpengaruh pada sebagian orang namun juga tidak akan menyebabkan jerawat bagi orang lain? Dr. Edwin menyebutkan bahwa ada orang yang memang cenderung rentan mengalami jerawat setelah makan pedas dan ada yang tidak. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik atau adanya alergi bawaan sejak seseorang dilahirkan.

Jika kita memang termasuk dalam orang yang memiliki masalah genetik atau alergi yang membuat kita mudah mengalami jerawat setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, termasuk makanan pedas, maka ada baiknya kita mulai menurunkan frekuensi mengkonsumsi makanan pedas agar masalah kulit ini tidak muncul. Dr. Edwin sendiri menyarankan kita untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat, khususnya buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan sehingga bisa menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, ada baiknya kita juga rutin membersihkan wajah sehingga masalah jerawat pun tidak akan mudah muncul.