Benarkah Makan Udang dan Vitamin C Bersamaan Bisa Memicu Kematian?

DokterSehat.Com – Saat mengkonsumsi udang, cukup banyak orang yang memilih untuk tidak memesan minuman jeruk atau minuman dengan kandungan vitamin C lainnya karena khawatir jika hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, bahkan menyebabkan meninggal dunia. Apakah hal ini memang benar adanya?

doktersehat-udang-goreng

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa anggapan tentang konsumsi udang dan vitamin C bersamaan bisa berbahaya ini disebabkan oleh dugaan bahwa kandungan arsen yang ada pada makanan laut bisa memberikan reaksi saat tercampur dengan vitamin C dan menyebabkan masalah kesehatan. Arsen sendiri adalah semacam senyawa kimia yang memang berbahaya andai masuk ke dalam tubuh dalam jumlah tertentu. Senyawa yang ada dalam makanan laut layaknya udang, kerang, dan berbagai makanan laut lainnya ini memang bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya mual-mual, muntah, nyeri pada perut, diare, kesemutan, kram perut, hingga kejang-kejang atau bahkan kematian.

Hingga saat ini, belum ada satu kasus atau penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi udang dan vitamin C secara bersamaan bisa memicu kematian. Hal ini disebabkan oleh air laut yang ternyata hanya memiliki kandungan arsen 1-2 mikrogram setiap liternya. Padahal, untuk menyebabkan kematian, setidaknya harus ada 70 hingga 200 mg yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini berarti, konsumsi makanan laut dalam jumlah yang wajar seharusnya tidak akan menyebabkan keracunan arsen atau memicu kematian. Sementara itu, isu yang menyebutkan bahwa vitamin C bisa menaikkan kadar arsen di dalam tubuh dengan signifikan juga ternyata sama sekali tidak benar adanya karena vitamin C tidak memiliki kemampuan tersebut.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa udang termasuk dalam makanan yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam menyediakan sumber protein. Sementara itu, vitamin C mampu berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membuat daya tahan tubuh kita semakin kuat. Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir lagi saat mengkonsumsi udang dan minuman dengan vitamin C secara bersamaan.