Benarkah Makan Sup Ayam Bisa Meredakan Flu?

DokterSehat.Com– Sup ayam termasuk dalam makanan yang memiliki rasa yang enak. Adanya rempah berupa bawang putih, lada, dan jahe di dalam sup ayam juga akan membuatnya memiliki rasa segar jika dikonsumsi saat masih dalam kondisi panas atau hangat. Yang menarik adalah, makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat kita sedang terkena flu atau tidak enak badan. Sebenarnya, apakah memang sup ayam bisa meredakan flu?



Times of India menyebutkan bahwa flu sebenarnya termasuk dalam penyakit yang tidak perlu diobati karena akan cenderung mereda dengan sendirinya seiring dengan semakin menguatnya sistem kekebalan tubuh. Andai flu yang kita derita cukup parah dan membuat kita harus mengunjungi dokter, biasanya kita hanya akan diberi resep untuk pengobatan simptomatik, bukannya antibiotik. Beruntung, untuk membuat flu menjadi lebih cepat mereda, kita sebenarnya hanya perlu mengkonsumsi cairan panas seperti sup ayam ini.

Dengan mengkonsumsi sup ayam, maka kita bisa membebaskan tenggorokan dan hidung dari lendir sehingga pernafasan pun akan menjadi lebih lega. Tak hanya itu, sup ayam akan membuat tenggorokan yang sebelumnya teriritasi akan menjadi lebih nyaman.

Pakar kesehatan dr. Anil Ballani yang berasal dari Hinduja Hospital menyebutkan bahwa sup ayam ternyata bisa menghambat pergerakan salah satu jenis sel darah putih bernama neutrophil yang berimbas pada menurunnya sumbatan. Sup ayam juga akan membantu silia hidung berfungsi dengan lebih baik dalam menghilangkan lendir. Manfaat lain dari makan sup ayam saat flu adalah menurunkan dehidrasi. Tak hanya itu, rempah-rempah seperti bawang putih dalam sup ini ternyata juga bisa berperan sebagai anti oksidan, anti virus, anti bakteri, dan anti jamur yang sangat baik bagi proses mengatasi flu.

Baca Juga:  Penyebab Flu dan Upaya Pencegahannya

Melihat adanya manfaat ini, tak ada salahnya kita segera mengkonsumsi sup ayam begitu flu menyerang agar masalah kesehatan ini lebih cepat mereda.