Benarkah Makan Siang Dengan Sandwich Bisa Memicu Kegemukan?

DokterSehat.Com – Sandwich cukup banyak disukai oleh banyak orang, termasuk sebagian orang di Indonesia. Sandwich sendiri cukup mudah untuk dibuat mengingat kita hanya membutuhkan roti yang diisi dengan irisan daging dan sayur. Andaipun kita malas membuatnya, kita bisa memesannya di berbagai tempat makan. Sandwich kerap kali dianggap sebagai makanan yang ringkas untuk dijadikan bekal makan siang. Sayangnya, meskipun terlihat sehat karena adanya sayuran, ada anggapan bahwa makan siang dengan sandwich bisa memicu kegemukan. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-sandwich-obesitas-lunch

Sebuah penelitian dilakukan di University of Illinois, Amerika Serikat. Penelitian ini dilakukan pada orang-orang yang kerap mengkonsumsi sandwich saat makan siang. Diketahui bahwa mereka ternyata mengkonsumsi kalori yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan saat mereka mengkonsumsi makanan lainnya di hari lain, yakni 99 kalori lebih banyak. Hal ini berarti, memang ada kemungkinan konsumsi sandwich untuk makan siang bisa memicu kegemukan.

Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Ruopeng An, menyebutkan jika 99 kalori memang terlihat seperti angka yang kecil. Namun, andai kita rutin mengkonsumsi sandwich yang kaya kalori ini setiap makan siang, maka tentu tumpukan kelebihan kalori akan membuat berat badan kita meningkat dengan signifikan. Beliau menyebutkan jika banyaknya kalori pada sandwich ini disebabkan oleh adanya bahan tambahan layaknya mayonnaise dan juga keju yang bisa membuat rasa sandwich menjadi lebih nikmat. Padahal, kedua bahan ini bisa membuat jumlah kalori yang kita makan meningkat hingga 300 kalori. Tak hanya itu, ada kecenderungan pecinta sandwich juga akan mengkonsumsi camilan tidak sehat layaknya keripik kentang di sela-sela antara waktu makan besar. Padahal, sebagaimana kita ketahui, keripik kentang memiliki jumlah kalori yang sangat banyak sehingga bisa menambah masalah bagi berat badan kita.