Benarkah Makan Daging Merah Itu Tidak Sehat?

DokterSehat.Com – Bannyak  orang yang sangat suka menu steak dengan daging yang dimasak setengah matang. Namun, apakah itu tidak berbahaya? Daging merah sering dianggap tidak sehat. Namun, sebagian lagi percaya bahwa daging merah sehat untuk tubuh.

10

Seperti dikutip dari fitday.com, makan terlalu banyak daging merah, terutama daging yang memiliki lemak tinggi dan daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis pada tubuh. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa daging merah memiliki hubungan erat penyebab terjadinya penyakit jantung.

Ini disebabkan oleh tingginya lemak jenuh pada daging merah seperti kambing dan sapi yang dapat meningkatkan kolesterol darah dan risiko penyakit jantung. Namun tentu saja, jika Anda memilih makan daging tanpa lemak akan lebih sehat karena mengurangi risiko penyakit kronis.

Berbagai macam daging olahan seperti kornet, daging beku, sosis, nugget dan lain sebagainya sebaiknya dihindari karena memiliki lebih banyak lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Daging merah tetap bisa dikonsumsi memiliki banyak protein, namun perlu dibatasi porsinya.

Lagipula, protein tidak hanya ada dalam daging merah saja. Banyak sumber protein sehat yang bisa dikonsumsi untuk menggantikan peran daging merah. Seperti misalnya ayam tanpa kulit, ayam kampung, kalkun, yogurt, susu non-fat, kedelai dan lain sebagainya.

Mungkin alasan kesehatan ini pula yang menjadikan banyak orang memilih menjadi vegetarian. Bukan berarti Anda harus menjadi vegetarian juga Ladies, pola makan yang diatur dengan baik adalah kuncinya untuk menghindari penyakit. Tetap bisa makan daging, tapi perlu dibatasi ya.