Benarkah Makan Bawang Bisa Menyebabkan Bau Badan?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang percaya jika mengkonsumsi bawang yang masih mentah atau makanan yang mengandung bawang bisa membuat bau badan maupun bau mulut menjadi tidak sedap. Gara-gara hal ini pula cukup banyak orang yang sengaja tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang karena takut mengalami masalah bau badan tersebut. Sebenarnya, apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-manfaat-bawang-putih

Pakar kesehatan dr. Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes, yang berasal dari Rumah Sakit Mayapada menyebutkan bahwa semua rempah jika dikonsumsi memang akan menghasilkan bau. Hanya saja, munculnya bau ini juga bergantung pada badan manusia mengingat setiap orang memiliki sistem metabolisme yang berbeda-beda. Hal ini berarti, bisa jadi memakan bawang putih memang bisa membuat masalah bau badan dan bau mulut pada seseorang, namun belum tentu bisa memicu masalah yang sama pada orang lain.

Selain menjelaskan tentang perbedaan reaksi tubuh pada setiap orang setelah mengkonsumsi bawang, dr. Armansjah juga menyebutkan bahwa ada faktor lain yang bisa menyebabkan seseorang terkena masalah bau badan, yakni apakah Ia mampu menjaga kebersihan tubuhnya dengan baik atau tidak. Jika Ia mampu menjaga kebersihan dan kelembaban kulitnya dengan baik, maka besar kemungkinan Ia juga tidak akan dengan mudah mengalami masalah bau badan.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu khawatir lagi saat mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan bawang karena memang makanan ini belum tentu menyebabkan masalah bau badan atau bau mulut.