Benarkah Lemak Pada Perut Bisa Memicu Diabetes?

doktersehat-gendut-perut-buncit

DokterSehat.Com– Tak hanya kebiasaan mengonsumsi makanan yang manis-manis, ada orang yang menyebut mereka dengan perut membuncit lebih rentan untuk terkena diabetes. Sebenarnya, bagaimana cara perut buncit bisa memicu diabetes?

Dikutip dari Medical News Today, lemak perut adalah yang paling berbahaya bagi kesehatan jika dibandingkan dengan lemak-lemak yang menumpuk pada bagian tubuh lain. Ternyata, lemak ini bisa memengaruhi produksi enzim yang akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Menurut pakar kesehatan, lemak perut memiliki kaitan erat dengan penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Bahkan, bagi kaum hawa yang memiliki lingkar perut atau pinggang yang besar, risiko terkena masalah kardiometabolik juga meningkat. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa lemak dalam perut ini bisa memicu masalah layaknya resistansi insulin.

Para peneliti yang berasal dari Columbia University Irving Medical Center yang ada di New York City, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa lemak perut ternyata mempengaruhi kinerja hati dengan signifikan. Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Ira Tabas ini hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nature.

Tikus percobaan yang digunakan dalam penelitian ini dikondisikan sedemikian rupa sehingga mampu menahan kinerja enzim DPP4, enzim yang mampu menurunkan inflamasi yang disebabkan oleh lemak perut. Hasilnya adalah, tubuh tikus mengalami kesulitan untuk memproduksi hormon insulin yang tentu membuat mereka lebih rentan terkena diabetes.

Di dalam tubuh manusia yang mengalami masalah perut buncit, jumlah hormon DPP4 ini ternyata semakin menurun sehingga kemampuan tubuh untuk menahan inflamasi juga semakin melemah. Hal inilah yang kemudian ikut memengaruhi kinerja hati dalam memproduksi insulin dan akhirnya memicu diabetes.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang setiap orang lebih baik dalam menjaga berat badannya tetap ideal agar tidak sampai mengalami masalah kesehatan yang berbahaya hanya gara-gara menumpuknya lemak di dalam tubuh.

Ayo dicek, perut Sobat Sehat sudah mulai membuncit atau masih ramping?